Skip to content

SEO dan Sosial Media sebagai Kunci Keberhasilan Kewirausahaan Digital

SEO dan Sosial Media sebagai Kunci Keberhasilan Kewirausahaan Digital

Kewirausahaan digital merupakan kewirausahaan yang memanfaatkan transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Semenjak era perkembangan digital yang semakin canggih dan terjadinya pandemi Covid-19, telah mengubah kebiasaan masyarakat dari segala sisi, seperti saat ini mayoritas masyarakat telah beralih kepada digital. Kewirausahaan harus mampu beradaptasi dan membaca peluang dari setiap perubahan yang terjadi demi mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya.

Perlu diketahui bahwa ada tiga hal penting yang menjadi ujung tombak dalam bisnis, yaitu Marketing, Branding, dan Selling. Ketiganya merupakan cara untuk mendekati konsumen namun dengan tujuan yang sama, seperti dengan mengenalkan produk kepada calon konsumen yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Karena berbasis digital, ada banyak sekali teknik dan media yang bisa digunakan dalam menjalankan kewirausahaan digital, salah satu media yang paling sering digunakan yaitu Website dan Sosial Media.

  1. Website

Dalam memasarkan produk melalui website menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimation) untuk menjangkau pengunjung melalui pencarian website di Google.

 

SEO merupakan proses yang dilakukan untuk meningkatkan traffic melalui pencarian Google. Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu. Pengguna memiliki kebiasaan lebih tertarik dengan website yang terletak pada halaman pertama dibandingkan dengan halaman lainnya. Manfaat menggunakan SEO antara lain:

  • Mendatangkan traffic
  • Meningkatkan daya penjualan
  • Meningkatkan daya saing
  • Lebih kuat bertahan di halaman 1 Google

 

Hal yang paling penting dalam keberhasilan penggunaan SEO adalah riset kata kunci, dengan cara melakukan analisa kata kunci yang banyak dipakai berkaitan dengan produk yang ditawarkan, atau menggunakan tools seperti Google Planner dan Keyword Tools.  Jadi saat pengguna mencari sebuah kata kunci yang berkaitan dengan produk, hasil pencarian akan menampilkan website milik kita pada halaman pertama.

 

 

  1. Sosial Media

Sosial Media membuat berbagai konten menarik dan bermanfaat yang bisa dijangkau netizen. Dalam menggunakan sosial media sebagai media berbisnis, wirausaha harus mulai mengubah kebiasaan bersosial dari secara offline ke dalam bersosial secara online, tapi tidak mengubah etika bersosial itu sendiri.

 

Perlu diperhatikan bahwa pengguna tidak suka menjadi target marketing secara langsung, sehingga membutuhkan sebuah strategi khusus untuk menarik pengguna berkunjung dan membeli produk tersebut, kuncinya adalah konten. Konten yang dibutuhkan oleh target pasar saat ini, membuat konten informatif yang dibutuhkan oleh konsumen, atau membuat variasi konten tetapi tetap sesuai dengan tujuan dan bergesekan dengan produk yang dijual. Konten yang dibuat juga membutuhkan konsistensi dan tidak berubah-ubah sehingga tidak keluar dari relevansi tema yang sudah ditentukan.

 

Dalam pembuatan konten di sosial media, perlu dipahami bahwa tidak sekadar membuat konten saja, namun membutuhkan Metrik untuk menganalisis perkembangan akun, antara lain:

  • Engagement Rate : Seberapa terkaitnya audience dengan konten yang dibuat berdasarkan like, komentar, retweet, save, dsb.
  • Reach : jangkauan konten yang dibuat, bisa bergantung dari kualitas konten atau jam posting yang tepat.
  • Impression : berapa kali orang melihat konten yang dibuat, dan dapat menjadi tolak ukur bahwa konten tersebut menarik.
  • Explore : membuat konten yang bisa menjangkau selain pengikutnya, namun orang lain yang nantinya bisa menjadi pengikut baru.

Dalam menggunakan website sebagai media kewirausahaan, tentu saja membutuhkan keamanan jaringan yang mencakup cookie, data pengguna, dan situs web yang juga diakses oleh siapapun. Sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan agar tercegah dari berbagai kriminalitas yang dilakukan oleh cyber attacker, seperti malware, hacker, cracker, atau defacer. Saat itulah sebuah web membutuhkan Penetration Testing secara berkala dan dilakukan analisa terhadap keamanan jaringan yang dipantau. Widya Security dapat membantu melindungi data-data penting transaksi dari serangan cyber yang mungkin saja terjadi. Seperti pepatah, nila setitik rusak susu sebelangga, jangan hanya karena serangan siber bisnis dan reputasi anda hancur diwaktu yang bersamaan. Kami akan membantu dalam memberi kenyaman serta keamanan terhadap bisnis yang Anda bangun.