Skip to content

Apa Aja Sih Prospek Kerja di Bidang Cyber Security?

Photo by Stillness InMotion on Unsplash

Cyber Security merupakan sesuatu yang baru dalam dunia Teknologi Informasi (IT) saat ini dan perlu dikelola dengan baik. Perkembangan dunia IT saat ini tidak terkendali, dimana hampir seluruh aspek kehidupan sudah menggunakan layanan berbasis IT, bahkan sudah pada level mobile. Tingkat ketergantungan terhadap tekhnologi semakin meningkat pada pandemi Covid-19. Namun semakin luasnya jangkauan IT berbanding lurus dengan semakin sulit untuk mencegah aksi serangan siber, dimana semua yang sudah ada dalam internet mustahil dikatakan 100% aman. Hal yang mungkin dilakukan salah satunya dengan mengelola semua resiko tersebut. Di sinilah peran cyber security dibutuhkan dalam pertahanan siber.

Perlu diketahui bahwa profesi yang berhubungan dengan cyber security saat ini sedang banyak dicari oleh banyak instansi, terutama instansi atau korporat yang sudah memanfaatkan IT sebagai aset perusahaan. Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan bidang cyber security yang populer dan memiliki peluang yang tinggi.

  1. Hacker

Masih kebanyakan orang mengira bahwa hacker adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan aksi penerobosan sebuah sistem komputer untuk tujuan negatif. Namun sebenarnya pelaku tersebut lebih pantas disebut sebagai cracker walaupun teknik yang digunakan adalah hacking.

Secara umum hacker adalah seorang programmer, dan memegang peran untuk memanfaatkan nilai guna yang lebih dalam sebuah fasilitas, atau dalam bidang IT, seorang hacker dapat memberikan nilai lebih dari IT Development Infastructure.

  1. Red Team – Bug Bounty Researcher

Di dunia cyber security, ada dua golongan yaitu Red Team dan Blue Team. Red Team bertugas menyerang atau menguji keamanan sebuah sistem, bagaimana menemukan celah atau kelemahan dari sistem yang dibangun. Sedangkan Blue Team berfokus pada pertahanan sistem, bagaimana memproteksi sistem dari serangan dari luar dan atau serangan Red Team.

Profesi ini biasanya bekerja secara lepas, dengan mengambil program Bug Bounty dari vendor yang memang membuka program tersebut. Yang dilakukan oleh Bug Bounty Researcher adalah mencari celah atau bug yang mungkin ada dalam sistem suatu perusahaan yang diuji kemudian membuat laporan kepada pihak terkait.

  1. Red Team – Security Tester

Cyber Security Tester sering disebut sebagai Penetration Tester (Pentester) atau Vulnerability Assesor. Berbeda dengan Bug Bounty Researcher, profesi ini direkrut secara langsung oleh sebuah perusahaan untuk menguji keamanan. Jika menjadi Cyber Security Tester internal, semua layanan yang belum live akan diuji terlebih dahulu.

Cyber Security Tester memiliki beberapa spesialisasi, yang pertama adalah Network Security Tester yang berfokus pada pada pengujian jaringan dan infrastruktur. Yang kedua adalah Cloud Computing Security Tester yang berfokus pada cloud computing, namun harus memahami platform, konsep, dan protokol-protokol dari cloud computing yang berbeda.

  1. Blue Team – Sysadmin

Setelah membahas profesi dengan golongan Red Team, profesi yang satu ini datang dari Blue Team. Sysadmin atau System Administrator tidak hanya melakukan instalasi, setup, dan config, Sysadmin juga memegang tanggung jawab atas pertahanan sistem yang dikelolanya, sehingga dibutuhkan keahlian khusus di bidang System Administrator untuk menjadi seorang Sysadmin.

  1. Blue Team – IT Forensic Investigator

Sama halnya dengan forensik di dunia non-IT, seorang Forensic Investigator bertugas meneliti barang bukti digital. Perkembangan IT yang semakin canggih juga mengakibatkan kejahatan yang sama canggihnya. Maka kebutuhan terhadap IT Forensic Investigator juga semakin meningkat, tantangan profesi ini untuk lebih maju pun semakin meningkat.

  1. IT Security Analyst

Profesi ini memiliki tanggung jawab menganalisis dan melakukan reporting terhadap tingkat keamanan dalam sebuah organisasi, juga bertugas memantau kondisi Blue Team untuk kepastian hasil uji pertahanan yang baik.

Pembahasan di atas merupakan beberapa profesi di bidang cyber security dengan peluang yang cukup tinggi. Profesi-profesi tersebut masih akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman dan ancaman. Itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi generasi penerus yang akan terjun ke dalam bidang ini. Bagi Anda yang saat ini memilki ketertarikan di cyber security namun masih bingung harus memulai darimana, Widya Security membuka jembatan bagi Anda untuk mendalami bidang ini pastinya dengan para ahli. Selain menjaga keamanan data Anda, Widya Security juga membuka layanan training untuk meningkatkan technical dan soft skill di bidang cyber security.

Apakah Anda tertarik untuk berkecimpung di bidang ini?