Skip to content

Cryptography

markus-spiske-FXFz-sW0uwo-unsplash

Dalam dunia cyber security, keamanan data menjadi hal terpenting untuk dijaga kerahasiaannya. Apabila sebuah data atau informasi bocor tanpa adanya control yang jelas, maka dapat dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab dengan tujuan tidakjelas dan membahayakan.

Cryptography atau kriptografi merupakan salah satu tools yang banyak digunakan di dunia cyber security untuk mengamankan data.

Apa itu Kriptografi?

Kriptografi merupakan bagian dari kriptologi, kriptologi sendiri adalah studi mengenai kriptografi dan kriptanalisis.

Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannya ke dalam bentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya. Sedangkan Sedangkan kriptoanalisis adalah usaha mendapatkan teks terang dari suatu teks sandi yang tidak diketahui sistem serta kunci-kuncinya.

Sejarah Kriptografi

Kriptografi awalnya digunakan di Yunani sejak 400 SM. Biasanya digunakan oleh kalangan militer (termasuk intelijen dan mata-mata), korps diplomatik, penulis diary, sampai kalangan yang sedang jatuh cinta yang menggunakan sandi-sandi tertentu untuk berkomunikasi dengan kekasih.

Saat ini kriptografi dapat digunakan dan dipelajari oleh kalangan apapun, selain itu juga kriptografi telah berkembang sehingga ia tidak lagi sebatas mengenkripsi pesan, tetapi juga memberi aspek keamanan

Tujuan kriptografi

Tujuan dari kriptografi antara lain :

  • Confidentiality

Yaitu upaya pencegahan bagi mereka yang tidak berkepentingan untuk dapat mencapai informasi.Contohnya adalah e-mail maupun data-data perdagangan dari perusahaan

  • Integrity

Yaitu bentuk pencegahan terhadap kemungkinan amandemen atau penghapusan informasi oleh mereka yang tidak berhak. Contohnya sebuah pengumuman ujian di kampus, meski tidak rahasia ini perlu dijaga integritasnya, jangan sampai ada hacker yang bisa menyadap dan mengubah isi dari pengumuman atau data tersebut.

  • Authentikasi

Yaitu suatu langkah untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa seseorang (atau sesuatu) adalah autentik atau asli. Contohnya menjamin suatu akses pada suatu resources seperti menggunakan mekanisme login.

  • Non-repudation

Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi.

Contohnya, sesorang yang mengirimkan email untuk memesan barang tidak dapat menyangkal bahwa dia tekah mengirim email tersebut.

 

Komponen Kriptografi

Kriptografi terdiri dari 4 komponen utama, yaitu :

  • Plainteks, yaitu pesan yang dapat dibaca
  • Cipherteks, yaitu pesan sandi yang tidak dapat dibaca
  • Algoritma, yaitu metode untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Algoritma kriptografi sendiri tidak bersifat rahasia.
  • Key atau kunci, yaitu kunci untuk melakukan teknik kriptografi atau parameter untuk transformasi enchipering dan dechipering. Kunci tersebut bersifat rahasia.

 

Aplikasi Kriptografi

Pengaplikasian enkripsi dan dekripsi antara lain :

  • Pengiriman data melalui siaran komunikasi (data encryption on motion)

Contohnya sinyal yang ditransmisikan dalam percakapan dengan handphone, nomor pin kartu atm yang di transmisikan dari mesin atm ke komputer bank.

  • Pengiriman data di dalam disk storage (data encryption at rest)

Contoh : Dokumen teks yang berasal dari plainteks diubah menjadi chiperteks, Dokumen gambar diubah dari gambar menjadi chiperteks.

 

Teknik kriptografi

Terdapat 2 teknik dasar pada kriptografi :

  • Teknik Substitusi

Yaitu penggantian karakter teks asli (plainteks) dengan dengan teks sandi (chiper) berupa huruf-huruf lain, angka atau dengan symbol.

Contoh menggunakan cara Caesar Chiper :

Plainteks             : a b c d e f g h I j k l m n o p q r s t u v w x y z

Chiperteks          : Q A W S E D R F T G Y H U J I K O L P M N B V C X Z

  • Teknik Transposisi

Yaitu permutasi karakter dimana pesan asli (plainteks) ditulis perhuruf dalam 2 baris kemudian dibaca perbaris untuk dijadikan chiperteks, biasanya ditulis kedalam bentuk matriks.

Plainteks             : NEW GENERATION

Chiperteks          : NWGNRTOE+EEAIN

N W G N R T O
E + E E A I N

 

Rekomendasi Film Tentang Kriptografi

Berikut ini beberapa film yang memiliki unsur kriptografi didalamnya, kalian sudah pernah nonton?

  • Imitation Game

Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley. Film ini diangkat berdasarkan kisah kehidupan nyata seorang cryptanalyst legendaris bernama Alan Turing, salah satu ahli Matematika terbaik di dunia dan Enigma: Alat pembuat kode terhebat dalam sejarah. Cocok untuk kalian yang ingin mendalami dunia Kriptanalis.

 

  • Red Sparrow

Dominika Egorova, seorang ballerina, dihadapkan pada masa depan yang suram ketika ia cedera sehingga karirnya hancur. Ia masuk ke Sekolah Sparrow, badan intelijen rahasia yang melatih anak-anak muda berkemampuan khusus untuk menggunakan otak dan badan mereka sebagai senjata. Dominika lulus sebagai agen Sparrow yang paling berbahaya. Ia bertemu agen CIA yang mencoba meyakinkannya bahwa ia adalah satu-satunya orang yang bisa dipercaya

  • Robot

Mr. Robot mengisahkan tentang seorang pria bernama Elliot Alderson (Rami Malek) yang bekerja di perusahaan bernama Allsafe sebagai ahli keamanan siber. Pada malam hari, Ia bekerja sebagai peretas yang memiliki gangguan kecemasan sosial, identitas disosiatif, dan depresi klinis.

  • Enola Holmes

Enola Holmes bercerita tentang seorang gadis remaja usia 16 tahun bernama Enola. Enola adalah anak terkahir di keluarga Holmes sebuah klan detektif terkenal Sherlock Holmes.

Setelah kematian ayahnya dan kepergian kakak laki-lakinya, Enola hanya tinggal dan dibesarkan oleh ibunya, Eudoria Holmes. Dari ibunya Enola mendapat ilmu sains dan bela diri jinjutsu. Namun tepat di hari ulang tahunya ke 16, Enola mendapati ibunya pergi meninggalkanya dengan meninggalkan sebuah kode dan decoder sebagai petunjuk untuk menemukan ibunya.

 

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai kriptografi yang memiliki hubungan erat dengan dunia cyber security.

Bicara mengenai dunia keamanan siber, Widya Security merupakan sebuah start-up cyber security yang berfokus pada cyber security analytic dan academy. WIdya Security juga memiliki layanan berupa penetration testing dan vulnerability testing.

Jika teman-teman tertarik dengan dunia Cyber Security boleh sekali untuk mengunjungi website kami di www.widyasecurity.com dan ikuti media sosial kami di instagram @widyasecurity, karena kami memiliki berbagai event dan informasi menarik lainnya.