Skip to content

Tips Mencegah Cyber Crime Di Perusahaan

stillness-inmotion-Gq3i2dnLGik-unsplash

Saat ini aktivitas dalam perusahaan tak akan lepas dari teknologi yang berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan internet mempengaruhi setiap orang untuk mengetahui berbagai informasi sekaligus berinteraksi dengan orang lain. Salah satu implementasi teknologi dapat digunakan sebagai sarana utama dalam berjalannya bisnis. Utamanya di dalam sebuah perusahaan dijadikan sebagai penunjang kinerja karyawan lebih efisien. Dengan mengubah proses manual menjadi otomatis, sehingga dapat mengurangi biaya untuk tenaga kerja, biaya untuk kertas, alat tulis, dan lain sebagainya. Dan juga waktu yang diperlukan untuk mengerjakan suatu tugas pekerjaan menjadi lebih cepat dengan adanya teknologi.

Apalagi terdapat peningkatan perilaku digital pada saat pandemi ini semakin meningkat. Hal ini dikarenakan masyarakat diutamakan untuk tetap tinggal dirumah namun tetap melaksanakan pekerjaan dengan sistem WFH (work from home). Tanpa banyak disadari ini juga akan memicu adanya kejahatan di dunia siber sering disebut dengan cyber crime. Cyber crime adalah kejahatan dunia maya yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang menyerang sistem keamanan komputer aupun data-data yang ada di dalam komputer. Sehingga anda harus waspada dan berhati-hati agar terhindar dari risiko terjadinya cyber crime.  Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya cyber crime di perusahaan, antara lain:

  1. Pentest

Pentest merupakan pengujian keamanan informasi dimana akan ada seseorang yang meniru serangan yang biasa sering terjadi untuk mengidentifikasi metode peretasan fitur keamanan aplikasi, sistem, atau jaringan. Sehingga secara garis besar pentest bertujuan untuk menganalisis risiko yang akan timbul dengan adanya kerentanan yang telah diindentifikasi pada tahap Vulnerability Assessment dan memberikan rekomendasi tindakan yang perlu dilakukan apabila sistem yang diuji dapat terhindar dari serangan hacker.

 

  1. Training untuk karyawan

Adanya Pelatihan Cyber Security bagi karyawan akan memberi manfaat antara lain : data – data terlindungi, sistem dan jaringan akan terlindungi dari ancaman, akan memiliki keamanan yang sangat kuat untuk menangkal berbagai ancaman siber terhadap sistem aplikasi atau website perusahaan.

 

  1. Update semua software yang digunakan

Software diperbarui, maka sistem yang sebelumnya belum sempurna akan disempurnakan dengan sistem terbaru. Memperbaiki masalah bug, kualitas, meningkat keamanan

Pastinya software versi terbaru memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih baik daripada software versi sebelumnya. Anda akan rugi jika tidak bisa memanfaatkannya.

 

  1. Kata sandi yang kuat

Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi Anda dari hacker.

 

  1. Backup data sensitif secara rutin

Backup data yang dilakukan secara rutin akan membantu perusahaan untuk memulihkan data yang hilang ketika terjadi serangan cyber crime. Backup data juga akan melindungi data-data Anda ketika terjadi kerusakan pada sistem komputer.

 

  1. Gunakan layanan hosting yang aman

Pilihlah provider web hosting yang memiliki pelayanan yang bersedia membantu masalah website perusahaan selama 24 jam dalam 7 hari. Sehingga kapanpun saat dibutuhkan saat terjadi masalah siap untuk mengatasi masalah yang kamu alami. Dan mencari rekomendasi dari orang-orang terpercaya yang sudah pernah membeli web hosting dengan kualitas yang baik sesuai kebutuhan.

 

  1. Gunakan Web Application Firewall (WAF)

WAF (Web Application Firewall) adalah sebuah susunan filter yang berfungsi untuk menyaring, memonitor dan melakukan blocking terhadap data yang berasal dari client ke sebuah webserver. Maka secara otomatis akan memberikan informasi ip address penyerang dan tugas dari firewall webserver yang akan melakukan blocking terhadap ip address tersebut.

 

  1. Gunakan security software

Dengan menggunakan security software pasti akan meningkatkan keamanan data perusahaan. Ada 3 alasan mengapa keamanan data itu penting. Yang pertama adalah mencegah potensi kerugian material. Yang kedua adalah mengurangi risiko penyalahgunaan data / informasi. Yang terakhir adalah memperkecil peluang tindakan kriminal.

 

Dari yang dideskripsikan di atas, dapat disimpulkan bahwa menjaga keamanan perusahaan itu sangat penting dalam mencegah adanya serangan cyber. Untuk tindakan pencegahan dan penanganan sistem dapat yang diserang, Widya Security dapat membantu menangani dengan cara meminimalisir terjadinya serangan siber. Pertama, dengan cara penetration testing yaitu pengujian terbaik sebagaimana ditentukan oleh OSSTMM ISECOM dan OWASP. Kedua, Vulnerability Assessment yaitu pemeriksaan kesehatan komprehensif dari sistem untuk kerentanan yang terekspos. Sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan yang mungkin bisa terjadi lagi, dengan menggunakan pemeriksaan kesehatan sistem.

 

-dari berbagai sumber