Skip to content

Alih Profesi Jadi Penjual NFT

Gambar NFT Artikel

Tak dapat dipungkiri lagi Ghozali Everyday masih hangat diperbincangan karena mendadak kaya dari hasil jualan NFT. Untuk beberapa orang yang belum mengerti NFT pasti masih bingung kenapa bisa jualan NFT mendapatkan sebuah penghasilan. Jadi sebenarnya NFT (Non Fungilabel Token) semacam .com yang baru dan memiliki sebuah aset namun dalam bentuk uang digital. Sedangkan OpenSea merupakan marketplace yang digunakan untuk bertransaksi barang-barang NFT. Menurut Afit Husni CEO dan Founder dari Urbandigital, “Banyak orang yang salah kaprah mengenai NFT ini, meskipun begitu kami berterimakasih terhadap Ghozali karena  dia, orang awam sekarang tahu adanya istilah NFT yang bisa jual foto-foto menghasilkan uang tapi  ada miskonsep disini sebab NFT tidak semudah upload foto selfie, foto KTP, foto baju, foto makanan.

Kejadian Ghozali terjadi dari perbandingan 1:1.000.000 yang artinya tidak akan terulang lagi dalam waktu dekat kecuali ada sesuatu yang terjadi. Perlu diketahui, NFT itu tidak hanya upload sesuatu lalu menunggu dibeli di OpenSea. Namun NFT tempat berjualan utility (guna), cerita, art (karya seni) jadi tidak semudah upload foto selfie langsung dapat hasil. NFT merupakan industri baru karena banyak orang yang masih tidak percaya hanya mengupload foto bisa menghasilkan uang. Apalagi ada yang juga berpikiran dengan jualan NFT sama saja seperti scam. Saat membicarakan NFT tidak bisa lepas dengan cryptocurrency. Di industri crypto banyak jenis koin seperti koin squid game yang dibuat diberikan ke developernya. NFT berdasarkan community yang memang perputaran uang dan kenaikan asetnya berdasarkan communitynya, tidak hanya serta merta hanya upload foto dan dibeli.

Konsep dalam NFT salah satunya smart contract yaitu kesepakatan awal berisi apa saja yang diperbolehkan dengan apa yang dijual dimana smart contract dibuat sebelum jualan NFT. Misalnya Ghozali Everyday menjual foto selfienya dengan memperbolehkan fotonya untuk digunakan sebagai meme. Untuk orang-orang yang melihatnya berpikir ada potensi juga di internet akan laku dijadikan meme. Apalagi untuk anak-anak gen z atau generasi millenium yang menyukai konten berbentuk meme. Sedangkan untuk kasusnya foto selfie KTP ini tidak diketahui bagaimana smart contractnya. Karena pertama foto yang diupload pasti bukan foto KTP milik sendiri alias kreatornya, karena tanpa ijin dari pemilik KTP yang asli termasuknya tidak boleh secara etika. Kedua, tidak tahu bagaimana smart contractnya jika ingin menjual foto KTP harus ditambahi ijin dari pemiliki asli KTP dan keterangan diperbolehkan untuk apa saja, misalnya KTP diperbolehkan untuk digunakan sebagai Pinjol (pinjaman online) dimana saja sebagai utilitynya.

NFT itu bagus untuk orang-orang yang melek teknologi dan tidak semua bisa bermain di NFT. Karena banyak hal yang harus dipahami, salah satunya jaringan apa yang digunakan karena jaringan bermacam-macam, ada eth (ethereum), polygon dan solana. Kalau memang ingin terjun di industri NFT harus mempelajari teknologi yang digunakan untuk melakukan minting. Minting NFT adalah proses mengubah aset digital seperti gambar, video, lukisan, GIF, musik, aset game dan karya seni lainnya menjadi aset NFT. Saat akan menjual NFT dengan harga murah namun melalui jaringan ethereum dengan biaya admin yang cukup mahal. Untuk proses bursa saham atau saham cryptonya dicairkan dan diubah menjadi stable coin seperti bentuk USDT, BIDR, BUSD, baru dapat dicairkan dalam bentuk rupiah melalui rekening. Dalam marketplace ini juga ada e-wallet yang otomatis terdapat hasil dari jualan NFT, lalu dipindah ke exchange selanjutnya baru bisa ditransfer. Apabila ingin bermain NFT namun tidak mengerti teknologinya dapat diantisipasi dengan menggandeng orang yang sudah melek teknologi untuk membantu dalam proses jualan NFT.

Di era internet sekarang dengan data yang semakin terbuka membuat privasi dan menjaga data diri menjadi sulit. Simpelnya dari pengguna sosial media yang saat ini banyak pengguna instagram yang memposting apa saja kegiatan yang dilakukan. Antisipasinya dengan membatasi diri konten mana yang sebaiknya diposting dan konten mana yang sebaiknya disimpan sendiri. Selain itu, untuk tindakan pencegahan  tindakan cyber attack yang mungkin terjadi dengan melakukan konsultasi seputar permasalahan Anda seputar cyber security hanya di Widya Security. Kami menyediakan layanan konsultasi untuk meningkatkan keamanan data pribadi Anda, dan juga Kami melakukan analisis terhadap cyber attack yang terjadi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website kami di https://widyasecurity.com atau e-mail ke [email protected] . Karena keamanan datamu adalah tugas Kami, so feel SAFE with us.

Sumber : dari pelbagai sumber