Skip to content

Stop install aplikasi MOD di perangkatmu!

Gambar Stop Instal Aplikasi Mod

Aplikasi dengan versi modifikasi seringkali menjadi jalan pintas bagi kita yang menginginkan aplikasi yang kita gunakan memiliki nilai “lebih”. Tidak sedikit dari kita lebih menikmati aplikasi MOD karena bisa memanfaatkan fitur yang tidak bisa dinikmati sebelumnya, seperti fitur premium yang mengharuskan kita berlangganan, pembelian item dalam aplikasi, ataupun bahkan fitur-fitur yang tidak dimiliki aplikasi sebelumnya. Dengan aplikasi MOD, itu semua kita dapatkan secara gratis.

Apa itu aplikasi MOD?

Aplikasi MOD yang memiliki kepanjangan modification atau modifikasi adalah aplikasi yang telah diprogram modifikasi sedemikian rupa oleh developer pihak ketiga atau tidak resmi, menjadi sebuah aplikasi yang memiliki fitur lebih dari aplikasi dari developer asli. Hasil dari modifikasinya pun selalu menjadi perhatian lebih bagi kita yang membutuhkan fitur tersebut. Misalnya, kita bisa mendapatkan semua fitur premium tanpa harus berlangganan, ataupun mendapatkan cheat pada game tertentu sehingga permainan berjalan sesuai apa yang kita inginkan.

Cara mendapatkannya pun tidak serta merta melalui proses yang sulit, kita hanya perlu mengunduh aplikasi MOD yang tertera pada website penyedianya, sama halnya melakukan instalasi aplikasi di luar Playstore atau App Store.

Bahaya dan dampak instal aplikasi MOD

Aplikasi MOD sangatlah berbahaya apabila kita melalaikan ancaman cyber yang mungkin saja terjadi tanpa kita sadari. Diantaranya alasan dan bahaya yang ditimbulkan dari melakukan instalasi aplikasi MOD yaitu

  1. Sebagian besar aplikasi MOD diprogram oleh hacker dan cracker, yang mungkin saja mereka manfaatkan untuk melakukan kejahatan cyber seperti penyadapan ataupun pencurian data, apalagi bagi kita yang memiliki aplikasi banking dan sering belanja online.
  2. Aplikasi yang bukan berasal dari vendor resmi tidak dapat dijanjikan aplikasi aman dari malware. Akibatnya sistem perangkat kita akan mengalami kerusakan dan/atau kehilangan data pribadi.
  3. Ancaman akun di-ban bagi gamers, terlebih yang bermain game PUBG, Mobile Legends, Free Fire, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan vendor yang menaungi game tersebut sangat memerangi adanya cheater atau pengguna yang menggunakan kecurangan dan aplikasi MOD untuk bermain, sehingga memang kecurangan seperti ini sangat dilarang.
  4. Munculnya iklan-iklan mengganggu dan tidak senonoh dalam jumlah banyak.
  5. Merugikan developer

Ancaman UU ITE Pasal 30

Bagi modifikator yang melakukan modifikasi aplikasi tanpa izin, untuk alasan apapun, terlebih lagi apabila disebarluaskan dengan maksud positif atau negatif, dapat diancam dengan Undang-Undang ITE Pasal 30 ayat 2 dan 3 yang berisi:

“Setiap orang dengan sengaja, tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer, sistem elektronik milik orang lain dengan cara apa pun untuk memperoleh informasi atau dokumen elektronik.”

“Setiap orang dengan sengaja melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access)”

Berdasarkan masing-masing ayat, modifikator akan mendapatkan ancaman pidana penjara paling lama 7 sampai 8 tahun dan denda paling banyak Rp700 juta hingga Rp 800 juta.

Tips mengatasi dan melindungi perangkat dari aplikasi mod

  1. Instal aplikasi hanya melalui Playstore atau App Store, karena telah melalui banyak pengujian dari serangan malware dan keamanan aplikasi lebih terjamin.
  2. Apabila terpaksa instal di luar Playstore atau App Store, pastikan berasal dari website yang aman dan terpercaya. Hindari aplikasi MOD karena sudah jelas merupakan program ilegal dan tidak ada kejelasan perihal keamanan dari malware.
  3. Selalu waspada dan tidak mudah percaya (zero trust) terhadap aplikasi MOD yang diklaim bebas dari virus dan malware.
  4. Segera lakukan pemeriksaan mendalam apabila aplikasi MOD sudah terlanjur diinstal dan smartphone menunjukkan tindakan yang tidak normal. Apabila anda bingung dimana harus melakukan konsultasi dan analisis perangkat Anda, Widya Security hadir untuk Anda. Widya Security menyediakan layanan konsultasi terhadap masalah yang sedang dialami terkait cyber security, dan melakukan analisis terhadap serangan cyber yang terjadi kepada Anda. Anda dapat kunjungi website kami https://widyasecurity.com atau sosial media Widya Security di Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Tiktok untuk informasi lebih lanjut.

Tidak perlu ragu lagi, percayakan keamanan data Anda kepada kami, karena keamanan data Anda adalah tugas kami. Feel SAFE with us.