Skip to content

Semua Orang Bisa menjadi Seorang Cyber Security Expert

kwGo5DXx

Segala profesi keahlian pasti didapat tidak hanya dengan cuma-cuma, seseorang memiliki cerita perjalanan yang berbeda-beda. Tentunya banyak hal yang telah terjadi dan dijalani dalam hidup untuk menjadi seorang ahli dalam suatu bidang termasuk di dunia cyber security. Seorang cyber security expert biasanya melakukan beberapa aktivitas antara lain menangani struktur data dengan mengawasi kinerja operasional. Cyber security expert memiliki pemahaman mendalam tentang sistem manajemen kerentanan dan aplikasi keamanan umum.

Namun siapa sangka, menjadi seorang cyber security expert itu tidak harus memiliki latar belakang di bidang cyber security. Hal ini, dibenarkan dalam Live Youtube Ngobrol Security (NgoSec) #1 yang dilaksanakan oleh Widya Security berjudul “Life Journey of Cyber Security Expert” dengan tiga pembicara yaitu Matias Prasodjo selaku Cyber Security Enthusiast, Andika Triwidada selaku Incident Response Specialist di ID-CERT & Director PT Indocisc dan Wahyu Bimo Sukarno selaku Cyber Security Expert.

Wahyu Bimo Sukarno selaku Cyber Security Expert mengatakan, bahwa “keberhasilan menjadi seorang cyber security expert berawal dari keinginan untuk mempelajari pemrograman lebih jauh. Belajar pembuatan virus, memperhatikan saat ada yang memperbaiki PC yang terkena virus. Dan tiba saat menyadari adanya orang yang memiliki niat jahat khususnya dalam dunia cyber security. Dari situ mulai muncul keingintahuan, bagaimana caranya menghindari pejahat siber, bagaimana cara berkenalan dengan mereka, dan melakukan hal baik dalam dunia siber”

Dalam dunia maya dan perkembangan teknologi tidak ada yang aman, dalam lingkup security selalu berkembang dan berubah akan hal yang baru. Maka belajar dengan baik dan perlu menekuni segala hal yang berkaitan di profesi tersebut. Matias Prasodjo selaku Cyber Security Enthusiast mengatakan, ada kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan pemula di cyber security antara lain:

  1. Terlalu melangkah ke depan tapi dalam penggunaan tools sebagai basic saja belum dipahami dan ingin langsung mempelajari bagian securitynya
  2. Belajar IT security untuk kebaikan banyak orang, namun sering ditemui seseorang memulai belajar IT security dengan tujuan hanya untuk kejahatan (crime)
  3. Tidak melanggar hukum dapat menghasilkan uang, bisa meningkatkan kemampuan security
  4. Jangan sombong karena dalam IT security kemampuan bisa terus meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi yang terjadi

Dari beberapa kesalahan yang sering terjadi dikalangan pemula, Andika Triwidada selaku Incident Response Specialist di ID-CERT & Director PT Indocisc menambahkan beberapa tips untuk pemula yang ingin menjadi cyber security expert, yaitu:

  1. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca tentang informasi, berita dan segala hal mengenai IT meliputi perkembangan dan cyber attacknya
  2. Belajar bisa dimana aja, banyak komunitas yang bersedia untuk menjadi konsultasi gratis dalam IT security dan mudah mendapatkan ilmu ilmu terbaru
  3. Ikuti sertifikasi untuk meningkatkan CPE (Continuing Prefessional Education)

Bagi yang berkeinginan menjadi seorang cyber security expert tapi bingung mau mulai mempelajari cyber security darimana. Tenang, Anda dapat memulai belajar mengenai cyber security bersama Widya Security. Mengapa? Karena Widya Security menyediakan layanan Cyber Security Training oleh tim tentor yang berpengalaman di bidang cyber security selama lebih dari 10 tahun. Widya Security juga telah resmi sebagai Accredited Training Center (ATC) oleh EC-Council, jadi kualitas bimbingan kami tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat mengunjungi https://widyasecurity.com atau email ke [email protected] untuk informasi lebih lanjut.

 

*dari berbagai sumber