Skip to content

Mengapa harus berkarir Cyber Security?

Cyber Security Career

Kehidupan digital memungkinkan segala aktivitas sehari-hari dilakukan secara online, dari media sosial hingga belanja online, bermain game, dan bahkan bekerja jarak jauh. Keadaan online mengharuskan perangkat elektronik terhubung ke jaringan internet. Selain itu, untuk menunjang informasi maka dibutuhkan data seperti kata sandi, informasi kartu kredit, nomor identitas, informasi kesehatan yang dilindungi, identitas pribadi informasi, dan dokumen sensitif lainnya. Namun, kerentanan data dapat mengekspos informasi sensitif kepada orang-orang yang memiliki keinginan jahat. Pencurian informasi bukan satu-satunya tujuan serangan siber, terkadang hacker menyerang kendali infrastruktur dari sistem dan memanipulasi data.

 

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat terdapat sekitar 1,6 miliar (1.637.973.022) serangan siber sepanjang tahun 2021 di Indonesia. Trafik serangan siber tersebut hasil monitoring BSSN, data itu diperoleh dari hasil pemantauan dan identifikasi potensi serangan siber selama 24 jam penuh setiap hari. Pemantauan dan identifikasi tersebut dilakukan oleh BSSN melalui National Security Operation Centre (NSOC). Oleh karena itu, sangat penting, bagi pengguna di tingkat individu maupun organisasi, untuk mengamankan data yang dimiliki dengan cyber security. Cyber security (keamanan siber) merupakan proses melindungi dan mengamankan program, jaringan dan sistem dari serangan digital. Keamanan dunia maya jauh lebih kompleks daripada menginstal perangkat lunak antivirus atau anti spyware ke komputer. Cyber security  menjadi sebuah bidang yang luas dan menyeluruh yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, alat yang digunakan dan kebijakan untuk melindungi organisasi maupun aset pengguna.

 

Dalam memulai terjun di dunia cyber security perlunya keingintahuan akan menemukan sesuatu dalam keamanan siber. Keingintahuan akan celah keamanan siber merupakan dari salah satu kesenjangan bakat keamanan siber. Hal ini terlihat dari kurangnya personel keamanan siber yang terampil yang dapat mengambil peran yang sangat dibutuhkan dalam organisasi. Dari laporan PricewaterhouseCoopers menyatakan, bahwa kurang dari setengah dari perusahaan di seluruh dunia berisiko akan terjadinya serangan cyber. Fakta bahwa serangan siber meningkat, hal ini menunjukkan kebutuhan serius akan personel terampil di dunia keamanan siber.

 

Keamanan dunia maya adalah bidang yang luas dengan peran pekerjaan yang berbeda. Tidak berdasarkan akan latar belakang, adanya sesuatu yang dapat diimplementasikan untuk keamanan dunia maya. Karena itu, kualifikasi keahlian untuk keamanan siber bervariasi. Tak jarang ditemukan, banyak pekerjaan keamanan siber tingkat pemula tidak mengharuskan memiliki gelar sarjana dalam keamanan siber atau bahkan bidang teknologi. Di sisi lain, pekerjaan yang lebih maju dan tingkat tinggi membutuhkan setidaknya gelar sarjana atau master dalam beberapa kasus. Ada juga keterampilan yang dapat dikembangkan terlebih dulu bagi pemula yang tertarik untuk terjun ke dunia keamanan siber. Karena banyak keterampilan yang dibutuhkan di bidang teknis dalam dunia maya khususnya keamanan siber. Salah satunya perlunya meningkatkan beberapa keterampilan tersebut, meskipun, seperti operasi keamanan atau sistem informasi.

 

Keterampilan teknis yang diperlukan untuk pemula di keamanan siber, diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Risk assessment and management

Keterampilan paling penting yang dimiliki untuk menjadi spesialis di keamanan siber diperlukan mengidentifikasi kemungkinan ancaman, menganalisis dan mengevaluasi risiko dihadapi organisasi. Untuk memastikan bahwa langkah-langkah diambil untuk melindungi organisasi sesuai dengan risiko organisasi.

 

  1. Authentication

Proses memastikan identitas pengguna, sehingga memungkinkan akses ke sumber daya digital. Authentication merupakan salah satu keterampilan terpenting dalam karir keamanan dunia siber. Spesialis keamanan siber membuat autentikasi baru dan audit yang sudah ada untuk kemungkinan risiko kebocoran data. Selain itu, akan terbiasa dengan firewall dan Intrusion Detection System (IDS).

 

  1. Linux

Sistem operasi open source ini adalah banyak digunakan dalam keamanan dunia maya yang profesional karena fleksibilitas dan transparansinya. Akibatnya, sebagian besar alat keamanan siber (seperti pengujian penetrasi, analisis kerentanan, dan peretasan etis) dikembangkan untuk sistem operasi Linux. Hal ini akan membantu dalam mempelajarinya sebelum memulai karir keamanan siber.

 

  1. Information systems

Ini mengacu akan bagaimana informasi dikumpulkan, diproses, disimpan, dan didistribusikan baik di dalam maupun di luar organisasi. Sebagai keamanan siber profesional, harus memahami, ke tingkat tinggi, rute pengambilan data dan operasi apa yang dilakukan. Tentunya akan membantu dalam mengidentifikasi serangan siber dan memilih tindakan yang tepat untuk melindungi data yang lebih baik.

 

  1. Digital forensics

Metode investigasi yang digunakan untuk menemukan aktivitas mencurigakan sekaligus berisiko menjadi berbahaya di jaringan internet.

 

  1. Coding Languages

Banyak pekerjaan keamanan dunia maya memerlukan kebiasaan dengan berbagai bahasa pengkodean keamanan siber. Keterampilan lunak yang dibutuhkan dalam keamanan dunia maya apabila berasal dari yang lain bidang teknis Terlepas dari pengetahuan teknis yang sudah dimiliki, penting juga untuk memiliki soft skill yang diperlukan untuk berkembang di lingkungan kerja apa pun, terutama di bidang keamanan siber.

 

  1. Sertifikasi

Sertifikasi IT security tentu saja akan membantu seseorang yang akan terjun di keamanan siber lebih profesional. Secara pribadi sebagai individu, sertifikasi IT security menjadi proses peningkatan peningkatan karir dan keahlian yang dicapai lebih terpercaya dengan adanya sertifikasi IT security. Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk berkembang dalam karir keamanan cyber adalah untuk memperoleh sertifikasi.

 

Di dunia keamanan siber memiliki banyak jenis sertifikasi IT security sekaligus dengan fokus keahlian yang berbeda-beda. Namun, tak perlu khawatir karena kami Widya Security dapat membantu apabila Anda memiliki keinginan untuk mencari sertifikasi dan pelatihan. Widya Security juga telah resmi sebagai Accredited Training Center (ATC) oleh EC-Council. EC Council sendiri merupakan badan sertifikasi profesional di bidang informasi teknologi khususnya di bidang cyber security. Lembaga sertifikasi internasional ini merupakan pencetus Certified Ethical Hacker (C|EH) dan sertifikasi keamanan siber lainnya yang telah diakui secara internasional. Jadi kualitas bimbingan kami tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat mengunjungi https://widyasecurity.com atau email ke [email protected] untuk informasi lebih lanjut.

*dari berbagai sumber