Skip to content

Apakah Pemrograman Diperlukan dalam Cyber Security?

cover-pemrograman-cyber-security - 6

Apa itu cyber security?

Di era digital ini, kita sering mendengar kasus kejahatan yang memanfaatkan teknologi internet dan menyebabkan banyaknya kerugian pada penggunanya. Salah satu yang sedang menjadi perbincangan hangat yaitu kebocoran data pribadi penduduk Indonesia yang dilakukan oleh hacker bernama Bjorka. Data yang bocor jika dieksploitasi maka akan menimbulkan banyak risiko. Kejadian tersebut membuktikan bahwa informasi pribadi menjadi jauh lebih rentan daripada sebelumnya. Oleh karena itu, semua perusahaan membutuhkan perlindungan maksimal pada data mereka dari para penjahat dunia maya, dalam hal ini adalah cyber security.

Cyber security atau keamanan siber adalah teknologi dan proses yang dirancang untuk melindungi jaringan dan perangkat dari serangan, kerusakan, dan atau akses yang tidak sah. Cyber security harus diterapkan pada setiap sektor yang memanfaatkan teknologi, misalnya militer, rumah sakit, perusahaan besar maupun kecil, dan organisasi lainnya. Terlebih lagi, era digital telah mengubah cara menyimpan seluruh datanya melalui penyimpanan berbasis cloud. Namun, dampak buruknya adalah sangat rentan terkena serangan siber atau cyber attack.

 

Apakah pemrograman penting dalam cyber security?

Ketika memulai karir di bidang cyber security, pasti kita memikirkan apakah mempelajari pemrograman untuk cyber security itu diperlukan. Maka, dapat dikatakan bahwa itu semua tergantung pada konsentrasi kita. Apalagi saat memulainya, kita akan menyadari bahwa ada bidang yang tidak benar-benar mengharuskan kita membuat kode, atau bahkan tidak kita butuhkan sama sekali.

Akan tetapi, mempelajari pemrograman berguna untuk mendeteksi kerentanan keamanan pada sistem dan memeriksa kode berbahaya dalam sebuah perangkat lunak, dan menjalankan tugas yang memerlukan keahlian analitis. Sementara itu, bahasa pemrograman yang digunakan dalam cyber security pun berbeda untuk setiap konsentrasinya. Meskipun bahasa yang digunakan akan selalu bervariasi seiring dengan perkembangan teknologi, pengalaman pemrograman dalam cyber security akan memberikan nilai plus tersendiri untuk kita dibandingkan dengan yang lain.

 

Bahasa pemrograman esensial untuk cyber security

Pemrograman adalah skill yang sangat penting untuk dipelajari pada setiap bidang yang membutuhkan teknologi, tidak terkecuali cyber security. Berkarir di bidang cyber security untuk pertama kalinya, kita akan menghadapi pertanyaan: Bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari terlebih dahulu?

  1. Python

Python terkenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level programming language). Di dunia cyber security, Python seringkali digunakan untuk analisis malware, penetration testing (pentest), dan scanning. Python menjadikan pilihan yang sangat baik untuk dipelajari pertama kali saat kita terjun ke dunia cyber security.

Beberapa alat cyber security yang harus kita ketahui adalah Nmap, Metasploit framework, w3af, Kismet wireless tool, dan Wireshark. Semua alat itu ditulis dalam bahasa Python. Itulah mengapa Python lebih disukai sebagian besar cyber security enthusiast daripada bahasa lainnya.

  1. Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman paling populer di dunia web karena bahasa ini merupakan kunci kekuatan sebuah website, dengan basis bahasa HTML. Bahasa ini juga membantu programmer untuk membangun software untuk front-end dan back-end menggunakan kerangka berbasis JavaScript, seperti jQuery dan Node.JS.

Javascript banyak digunakan untuk menggabungkan elemen luar, melacak aktivitas pengguna, dan lebih banyak tugas web lainnya. Javascript juga bahasa yang sering digunakan dalam cyber attack berupa XSS (cross-site scripting). Sehingga, di dunia cyber security jika kamu mahir dalam bahasa ini dapat dipastikan bahwa situs web tersebut dapat kamu lindungi dari serangan XSS.

  1. SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa khusus yang digunakan dalam pemrograman, dimana bahasa ini mengelola data yang disimpan dalam database. Selain itu, semakin banyaknya organisasi yang menggunakan data di dalam sistem komputernya, SQL menjadi bahasa yang paling dicari untuk mengelola database.

Namun, saat ini sebagian besar hacker mencoba mengeksploitasi database dengan tujuan mencuri atau modifikasi data berbasis web. Jika kamu ingin memahami aktivitas penyerang dan mencegah adanya SQL-injection terhadap database lainnya, kamu perlu pemahaman lebih banyak mengenai SQL.

  1. Shell Scripting

Shell Scripting menggunakan perintah-perintah yang kita gunakan dalam terminal sistem operasi komputer dan memungkinkan para developer untuk menulis skrip secara otomatis untuk menyelesaikan banyak tugas. Bahasa ini akan sangat dibutuhkan dalam mengotomatiskan penguncian keamanan pada konfigurasi sistem. Menggunakan Scripting Shell tergantung pada sistem operasi apa yang kamu gunakan, jika kamu menggunakan Linux atau Mac OS, kamu perlu mempelajari salah satu bahasa script shell Linux, yaitu Bash. Jika kamu menggunakan Windows, pelajari script PowerShell.

  1. C dan C++

C adalah pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan software seperti sistem operasi, database, compiler, dan masih banyak lagi. Bahasa C menjadi bahasa yang bagus untuk dipelajari bagi para pemula, karena akan jauh lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman lain, seperti Java dan Python.

Sedangkan, C++ adalah bahasa pemrograman versi ekstensi dari bahasa C yang memiliki kegunaan yang serupa dengan bahasa C. C++ mendukung berbagai cara pemrograman lainnya, seperti prosedural, orientasi objek, dan fungsional.

Keduanya adalah low-level programming yang perlu dipelajari saat mempelajari cyber security. Karena, bahasa ini memiliki akses secara low-level pada perangkat keras seperti RAM dan proses sistem yang dapat dengan mudah dieksploitasi oleh hacker, jika sistem tidak dilindungi.

Kesimpulannya, hampir semua bahasa pemrograman dapat digunakan dalam bidang cyber security. Namun tidak ada satupun bahasa yang dianggap sebagai bahasa terbaik karena pada dasarnya semua bahasa dibutuhkan sesuai dengan bidang konsentrasi yang kamu ambil, dan keahlian apa yang sudah kamu miliki. Tetapi tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena ada Widya Security!

Widya Security adalah perusahaan yang dapat meningkatkan kompetensi kamu di bidang cyber security. Dengan Cyber Security Training dan Cyber Security Certification, kamu bisa mempelajari bidang cyber security dari fundamental hingga prakteknya. Widya Security memiliki tim yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang cyber security dan telah bersertifikasi internasional. Widya Security juga sudah dinyatakan sebagai ATC (Accredited Training Center) oleh lembaga sertifikasi internasional yaitu EC-Council. Segera hubungi kami melalui e-mail [email protected] atau melalui nomor telepon (0274) 5025965. Keamanan datamu adalah tugas kita, so Feel SAFE With Us!