Skip to content

Kamu Ingin Sadap Akun Pacar? Atau Kamu yang Disadap?

photo_2022-10-04_16-37-38 - 8

Stalking sampai sadap akun pacar

Kegiatan stalking menjadi kebiasaan umum yang dilakukan ke pacar atau pasangan. Yah, terkadang tidak selalu berarti seperti itu, siiih. Sebenarnya secara istilah, stalking adalah aktivitas menguntit secara diam-diam. Misalnya, kamu yang ingin tahu segala informasi dari pacar kamu, pergi kemana saja, apa yang sedang dilakukan, bahkan berbicara dengan siapa, tapi tanpa sepengetahuannya.

Apalagi, perkembangan teknologi terutama internet semakin memudahkan kita untuk mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan. Namun, beberapa oknum seringkali menghalalkan berbagai cara, seperti sadap akun media sosial untuk memantau aktivitas di media sosial. Tapi tahu gak sih, kamu sama sekali tidak punya hak untuk melakukan itu, loh!

 

Tools ini biasanya digunakan untuk sadap!

Eits, tunggu dulu. Ketika kamu mulai berpikir untuk menyadap media sosialnya karena takut selingkuh atau melakukan hal yang tidak kamu inginkan, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran itu, deh. Di samping fakta bahwa kamu sudah tidak percaya dengan pasanganmu, tindakan itu sudah termasuk ke dalam kejahatan cyber. Segala aktivitas penyadapan yang dilakukan secara ilegal dan untuk tujuan tidak baik, tidak ada tindakan yang bisa dibenarkan.

Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Pasal 40 UU 36/1999 tentang Telekomunikasi bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun. Selain itu, dijelaskan juga dalam Pasal 31 UU ITE Tahun 2016 tentang larangan penyadapan atau intersepsi, bahwa selain pihak yang berwenang dalam rangka penegakan hukum maka dilarang melakukan penyadapan terhadap perangkat elektronik manapun. Jadi, kalau kamu berhasil sadap akun media sosialnya dan dia tahu itu, bisa-bisa kamu terkena pidana mulai dari denda hingga penjara! Serem bangeeet!

 

Kalau aku yang disadap, gimana dong?

Kamu wajib kenali tanda-tanda gadget kamu disadap atau tidak. Hal ini bisa menjadi salah satu acuan bahwa kamu sedang dimata-matai seseorang. Tapi, tidak berarti kamu harus mencurigai adanya penyadapan kalau kamu mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut. Apa saja sih gejalanya?

  • Daya baterai gadget kamu menjadi sangat boros walaupun kamu selalu menjaga kesehatan gadget kamu
  • Gadget cepat panas walaupun jarang digunakan
  • Terdengar suara bising ketika digunakan untuk menelepon
  • Muncul aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu install sebelumnya
  • Adanya aktivitas mencurigakan, seperti pesan yang masuk sudah terbaca padahal belum kamu buka

Kalau kamu mengalami gejala tersebut, kamu bisa melakukan reset ke setelan pabrik untuk menghentikan aktivitas penyadapan. Selain itu, kurangi penggunaan VPN (Virtual Private Network) Gratis karena kita tidak tahu aktivitas yang dilakukan oleh penyedia VPN Gratis tersebut. Bersikap lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi, karena di situasi tertentu bisa membahayakan diri kita sendiri.

Tahukah kamu? Widya Security sering mendapatkan pertanyaan seperti ini, “Widya Security bisa sadap WA pacarku?”. Padahal, itu bukan value dari perusahaan kami. Jadi, Widya Security dapat membantu data perusahaan kamu terlindungi dari serangan siber yang sering terjadi. Kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik di bidang cyber security, seperti Cyber Security Training dan Certification untuk meningkatkan kompetensi karyawan khususnya di bidang cyber security, Cyber Security Consulting untuk kebutuhan konsultasi bidang cyber security, dan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) untuk pengujian kerentanan sistem kamu. Widya Security memiliki tim yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang cyber security, serta telah terverifikasi sebagai ATC (Accredited Training Center) dari lembaga sertifikasi internasional EC-Council. Ingin tahu lebih lengkapnya? Hubungi Widya Security melalui e-mail [email protected] atau melalui telepon (0274) 5025965. Feel SAFE With Us!

 

*dilansir dari pelbagai sumber