Skip to content

Sepenting Itukah Backup Data Perusahaan?

Sepenting Itukah Backup Data Perusahaan

Ini jadi alasan kenapa kamu harus backup data

Biasanya, gadget kita akan selalu menyimpan data, mulai dari data sampah file hingga data penting yang bersifat rahasia. Tapi, sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa data yang ada di perusahaan tidak perlu dilakukan backup selagi kita bisa menjaga keamanan data tersebut. Memangnya, backup data itu sepenting apa sih?

Backup data atau pencadangan data dilakukan dengan menyalin data penting untuk disimpan di lokasi alternatif. Tujuannya menjaga data tetap ada dan tersedia apabila terjadi potensi perangkat error, adanya kebocoran data, kehilangan data, hingga pada kemungkinan terburuknya yaitu terjadi bencana alam. Adanya backup juga bisa memudahkan kita pada saat memulihkan data yang rusak atau hilang. Bahkan, saat ini setiap perangkat komputer yang digunakan sudah menyediakan layanan backup-nya sendiri, loh. Jadi itulah mengapa backup menjadi langkah krusial untuk data-data perusahaan kita.

 

Ini dia jenis backup yang wajib kamu tahu!

  1. Full Backup

Seluruh data yang tersimpan di perangkat disalin dalam media penyimpanan lain.

  1. Incremental Backup

Membuat salinan data baru setelah sebelumnya melakukan full backup di media penyimpanan yang sama.

  1. Differential Backup

Merupakan kombinasi antara full backup dan incremental backup.

 

Kalo gak backup, gimana tuh?

Tentunya ada banyak dampak negatif yang akan terjadi. Mungkin kejadian ini jarang terjadi, tapi tentu akan ada potensi komputer kita mengalami kerusakan karena serangan cyber atau sistem yang error, kemudian semua datanya hilang dan rusak. Atau kasus yang lebih buruknya lagi, data perusahaan mengalami kebocoran data dan semua data hilang begitu saja. Selain merusak proses bisnis karena data penting tersebut tidak dilakukan backup, reputasi brand dari perusahaan kamu juga akan menurun karena dianggap tidak piawai dalam menerapkan manajemen risiko. Oleh karena itu, bagaimana jika perusahaan kamu mengalami hal-hal seperti ini?

Jawabannya, percayakan pada Widya Security! Widya Security dapat membantu melindungi data perusahaan kamu menjadi lebih aman dan nyaman. Widya Security memiliki layanan di bidang cyber security, seperti Cyber Security Consulting, Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT), dan Cyber Security Training and Certification. Jangan diragukan lagi, karena Widya Security memiliki tim yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dan bersertifikasi internasional! Jadi segera hubungi Widya Security melalui email [email protected] atau nomor telepon (0274)5025965. Karena Keamanan Data Kamu Adalah Tugas Kita, so Feel SAFE With Us!