Skip to content

Antivirus vs Antimalware, Apa Bedanya?

Antivirus vs Antimalware, Apa Bedanya

Tentang malware dan virus

Ketika kamu mengenal dunia cyber, pasti kita akan mengenal dan memahami apa itu serangan cyber atau cyber attack. Dari seluruh serangan yang kita jumpai, pasti tidak asing lagi dengan serangan malware dan virus. Bagi kita yang seorang awam sering menyangka kalau malware dan virus ini sama saja apabila dilihat secara kasat mata, padahal berbeda.

Virus merupakan bagian dari kode yang mampu menggandakan dirinya secara otomatis untuk menginfeksi dan merusak sistem dan data komputer yang terinfeksi. Sedangkan, malware atau malicious software mewakili segala perangkat lunak yang berbahaya dan memiliki banyak jenisnya, seperti virus, trojan, spyware, ransomware, dan lain-lain. Sehingga dapat dikatakan kalau semua virus adalah malware, tapi tidak semua malware adalah virus.

 

Antivirus vs antimalware

Virus memang dianggap sebagai salah satu serangan tertua yang terus menghantui sistem komputer kita saat ini. Tetapi virus sudah mulai tidak banyak digunakan oleh pelaku kejahatan cyber. Sudah ada lebih banyak serangan yang lebih berbahaya dan lebih dari sekadar virus dan berbentuk software, seperti ransomware, ancaman web seperti DDoS dan keylogging, atau bahkan ancaman rootkit. Itulah kenapa kita juga perlu perlindungan yang lebih baik dan bisa memproteksi sistem komputer dari berbagai serangan malware yang merajalela. Ini menjadi salah satu alasan kuat adanya antimalware. Loh, tapi kan sudah ada antivirus, bukankah kedua ini adalah alat yang sama?

Ternyata, antivirus dan antimalware tidak sama. Mereka memang saling melengkapi untuk perlindungan ekstra dari software berbahaya, tetapi antimalware menyediakan proteksi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan antivirus, karena fokusnya untuk melangkah lebih jauh dari serangan virus saja, tetapi juga mendeteksi serangan malware lainnya yang dapat membahayakan kesehatan bahkan keselamatan sistem komputer.

 

Lebih baik yang mana, antivirus atau antimalware?

Tidak ada yang lebih baik, karena keduanya sama-sama merupakan perangkat lunak yang penting untuk dimiliki sistem. Antivirus bekerja untuk melindungi komputer dari serangan virus atau beberapa malware yang umum pada saat ini. Tetapi antimalware melangkah lebih jauh dan berfokus pada ancaman cyber yang lebih luas dan canggih, seperti serangan zero-day.

Namun mereka hanya sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan umum, kamu harus melakukan pengujian sistem untuk mengetahui seberapa kuat proteksi yang kamu miliki, diantaranya yaitu dengan melakukan vulnerability assessment dan penetration testing atau pentest. Widya Security memiliki layanan yang tepat untuk kamu, seperti menguji kerentanan dengan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada data perusahaan kamu, mulai dari data umum hingga data yang bersifat pribadi dan rahasia. Jangan khawatir, karena Widya Security memiliki tim yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang cyber security dan telah bersertifikasi internasional. Segera hubungi kami melalui e-mail [email protected] atau melalui nomor telepon (0274)5025965. Keamanan datamu adalah tugas kita, so Feel SAFE With Us!

 

*diambil dari pelbagai sumber