Jangan Yakin Data Perusahaanmu Aman Kalau Belum Penetration Testing (Pentest) • Widya Security Skip to content

Jangan Yakin Data Perusahaanmu Aman Kalau Belum Penetration Testing (Pentest)

Pentest

Waspada serangan siber bisa datang kapan saja!

 

 Transformasi digital telah mendorong perusahaan untuk terus berinovasi terhadap pengembangan bisnis perusahaannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi di era digital, tidak bisa kita pungkiri bahwa ada ancaman yang jauh lebih besar dan dapat menghasilkan kerugian yang besar untuk perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan wajib melakukan identifikasi kemungkinan adanya serangan siber pada sistem yang digunakan. Artinya, tidak ada sistem yang benar-benar aman kecuali perusahaan Anda melakukan sebuah prosedur formal untuk menguji keamanan sistem menggunakan metode Penetration Testing. 

 

 

Memang apa pentingnya Penetration Testing?

 

 Pentest merupakan simulasi penyerangan sistem secara legal dan bertumpu pada etika peretasan. Karena itu, Pentest berfungsi sebagai meningkatkan keamanan sistem, dengan cara mencari celah keamanannya. Tidak hanya aplikasi saja, Pentest juga digunakan untuk menguji keamanan pada jaringan Wi-Fi, website, software, dan sistem lainnya yang perusahaan miliki. Tahukah Anda bahwa Pentest memiliki manfaat jangka panjang yang menunjang proses bisnis perusahaan Anda?

 

  1. Mendeteksi, merespons, dan menangani risiko keamanan

 Penetration Testing ternyata efektif untuk mengamankan sistem perusahaan dari serangan siber. Celah keamanan yang ditemukan merupakan sebuah risiko, sehingga dapat dilakukan penanganan untuk mengurangi risiko tersebut terjadi kembali.

  1. Menjaga keamanan data perusahaan

 Data-data penting milik perusahaan kerap menjadi sasaran utama para pelaku kejahatan siber. Maka, data juga menjadi aset penting yang wajib dilindungi. Melakukan Pentest dapat mengurangi terjadinya pencurian data dengan memperbaiki sistem keamanan yang lemah.

  1. Meningkatkan reputasi perusahaan

 Serangan siber ternyata dapat menghancurkan reputasi perusahaan akibat menurunnya kepercayaan client. Sehingga, layanan pada perusahaan Anda tidak lagi menjadi prioritas client karena mereka takut akan serangan siber yang mungkin akan berdampak pada data mereka. Dengan melakukan Pentest, selain menjamin keamanan data client, Anda juga akan mendapatkan kepercayaan client lebih kuat dengan memastikan bahwa sistem Anda dapat terjamin keamanannya!

 

 

Masih berpikir Penetration Testing tidak perlu dilakukan?

 

 Kewajiban perusahaan melakukan Pentest sudah dijelaskan pada regulasi yang dikeluarkan PBI (Peraturan Bank Indonesia) no. 9/15/PBI/2017 tentang “Penerapan Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum” mengenai kewajiban Penetration Testing terhadap jaringan internal dan eksternal secara berkala sekurang-kurangnya 1 tahun sekali.

 

 Perusahaan dapat mempertimbangkan untuk melakukan Pentest secara berkala untuk memastikan keamanan sistem tetap aman dari serangan siber. Namun, pastikan untuk memilih mitra penyedia layanan Pentest yang terpercaya serta andal dalam melindungi privasi data dan keamanan sistem perusahaan Anda. Oleh karena itu, Widya Security hadir untuk membantu meningkatkan keamanan sistem perusahaan Anda dengan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT).

 Jadi apa sudah yakin keamanan data perusahaan anda aman? Tidak perlu khawatir, karena Widya Security punya solusinya! Hubungi kami segera melalui email hi@widyasecurity.com atau WhatsApp (+62) 813-9318-1596. Feel Safe With Us!

Artikel Terbaru

Whatsapp