Peluang Karir Di Bidang Cyber Security, Ternyata Masih Banyak Ikan Di Laut • Widya Security Skip to content

Peluang Karir Di Bidang Cyber Security, Ternyata Masih Banyak Ikan Di Laut

Artikel DM3

Pada era digital saat ini teknologi semakin berkembang dan keahlian di bidang teknologi informasi juga semakin dibutuhkan khususnya keahlian dalam mengamankan data di internet untuk mengantisipasi perbuatan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku seperti meretas data secara ilegal. Beberapa posisi pekerjaan yang berhubungan dengan cyber security diantaranya sebagai berikut.

 

Security Consultant

Security Consultant bertanggung jawab untuk memberikan solusi pada setiap permasalahan keamanan perusahaan seperti melindungi jaringan dan perangkat lunak serta menganalisa terhadap risiko dan pengujian yang dilakukan dengan efektif.

 

Security Engineer

Security Engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan sistem keamanan perusahaan seperti pemasangan firewall, pengujian keamanan, ataupun pengembangan skrip automasi untuk menguji keamanan dan melacak insiden.

 

Security Architect

Security Architect bertanggung jawab untuk meriset, mendesaian, dan mengimplementasikan rancangan keamanan yang tangguh. Seorang Security Architect juga mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan.

 

Insident Responder

Insident Responder bertanggung jawab melakukan edukasi dan merupakan sosok yang berada digaris depan tentang pencegahan saat terjadinya insiden keamanan.

 

Spesialis Forensik Komputer

Spesialis Forensik Komputer bertanggung jawab untuk mengakses dan menganalisis bukti, mulai dari perangkat penyimpan data, komputer, hingga jaringan.

 

Penetration Tester

Penetration Tester bertanggung jawab mencari celah keamanan sistem kemudian menganalisisnya dan biasa disebut sebagai hacker legal.

 

Security Analist

Security Analist  bertanggung jawab mendeteksi dan mencegah ancaman cyber denga cara merencanakan, mengimplementasikan, menganalisis risiko, melakukan audit eksternal dan internal, hingga melakukan koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga. 

 

Security Software Developer

Security Software Developer bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak keamanan serta mengintegrasikannya kedalam sistem.

 

Security Auditor

Security Auditor bertanggung jawab untuk memeriksa efektivitas sistem keamanan dan memberikan solusi peningkatan sistem.

 

Chief Information Security Officer

Chief Information Security Officer (CISO) bertanggung jawab untuk mengatur sektor keamanan Teknologi Infornasi sebuah perusahaan.

 

Itulah beberapa prospek kerja di bidang Cyber Security yang bisa dijadikan sebagai pilihan karir. Jika memiliki hobi tentang teknologi informasi dan komputer atau suka menganalisis, melakukan riset, dan memecahkan masalah, maka bidang ini sangatlah cocok untuk kamu jadikan sebagai pekerjaan.

Artikel Terbaru

Whatsapp