Skip to content

Membongkar Fakta dan Mitos Penetration Testing

Artikel Widya Security “Membongkar Fakta dan Mitos Penetration Testing”

Pengujian penetrasi, yang sering disebut sebagai penetration testing atau pentest, telah menjadi bagian penting dalam strategi keamanan cyber. Namun, seiring dengan popularitasnya, muncul berbagai mitos yang terkadang melenceng dari fakta yang sebenarnya. Dalam artikel ini, kita akan menyelami dunia penetration testing dengan membongkar sejumlah fakta dan mitos yang sering mengelilinginya. Dari peran pentest dalam keamanan cyber hingga objektif yang diharapkan, kita akan membahas berbagai aspek yang membantu memahami pentingnya dari pentest untuk Perusahaan.

 

Apa itu Pentest?

Pentest merupakan metode untuk menguji dan mengevaluasi kerentanan keamanan suatu sistem dalam bisnis Anda. Pentest perlu dilakukan untuk mencegah serangan cyber yang dapat merugikan perusahaan akibat kebocoran data atau gangguan pada sistem.

 

Fakta vs Mitos Penetration Testing

Perkembangan digitalisasi yang semakin maju membuat banyaknya berita tidak benar menyebar di internet. Penjelasan dibawah ini digunakan dengan tujuan membedakan antara fakta yang sesungguhnya dengan mitos yang terkadang menyesatkan :

Penetration Testing Dapat Dilakukan Sekali

Mitos penetration testing  hanya perlu dilakukan sekali. Alasannya, beberapa orang berpikir bahwa perusahaan tidak akan terkena ancaman cyber setelah melakukan pentest. Faktanya, pentest perlu dilakukan secara rutin karena perkembangan digitalisasi yang semakin berkembang sehingga ancaman cyber bisa muncul seiring perkembangan waktu.

Kebutuhan Penetration Testing Setiap Sistem Sama

Mitos penetration testing  adalah pentest cukup menggunakan satu metode yang sama untuk semua kebutuhan. Faktanya, penetration testing  terdapat beberapa jenis pentest antara lain, black box, white box, dan grey box. Penetration testing  dengan metode-metode tersebut dapat dilakukan oleh Widya Security dalam layanan Vulnerability Assessment dan Penetration Testing. Perusahaan perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari Perusahaan.

Penetration Testing Hanya Bisa Dilakukan oleh Pihak Eksternal

Terdapat mitos lama bahwa penetration testing hanya dapat dilakukan oleh pihak eksternal karena dinilai lebih efektif sebab pihak eksternal memiliki kemampuan yang lebih baik daripada pihak internal perusahaan. Namun, faktanya pentest dapat dilakukan oleh pihak internal dan eksternal perusahaan. Untuk meningkatkan efisiensi pentest perusahaan perlu melakukan pelatihan cyber security untuk seluruh karyawan di divisi cyber security.

Biaya Penetration Testing Menyesuaikan Kebutuhan

Beberapa perusahaan takut jika biaya pentest mahal. Namun, faktanya biaya pentest menyesuaikan dengan layanan yang dipilih. Biaya investasi dalam penetration testing  tidak seberapa dibandingkan dengan kerugian finansial akibat serangan cyber. Beberapa kumpulan data sangat berharga, ketika pelaku ancaman mengekspos ancaman tersebut, akan berdampak ke finansial dan mempengaruhi reputasi Perusahaan.

Penetration Testing Hanya Untuk Perusahaan Besar

Beberapa orang berpikir bahwa pentest hanya perlu dilakukan oleh perusahaan besar. Namun, faktanya pentest memiliki tujuan akhir yakni adalah untuk mengamankan data. Bukan hanya perusahaan besar yang memiliki data penting. Namun seluruh perusahaan pasti memiliki data penting, sehingga semua perusahaan dianjurkan untuk melakukan penetration testing. 

Dengan memahami fakta dan mitos seputar pentest, kita dapat lebih memahami pentingnya praktik pentest dalam menjaga keamanan cyber. Pentest adalah alat yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi yang terus berkembang, dan mengabaikannya dapat memiliki dampak yang serius. Dalam menghadapi ancaman cyber yang semakin kompleks, pengetahuan dan pemahaman yang akurat tentang pentest adalah hal yang sangat berharga bagi organisasi dan individu.

 

Ayo Pentest Perusahaanmu Bersama Widya Security untuk Keamanan Cyber yang Kuat

Melihat digitalisasi yang semakin berkembang mengakibatkan ancaman cyber juga ikut berkembang, sehingga perusahaan perlu melakukan pentest untuk melindungi perusahaan dari ancaman serangan cyber. Widya Security hadir untuk memberikan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT). Widya Security dapat meningkatkan keamanan dengan berbasis aplikasi mobile, website, server, dan jaringan. Anda bisa melihat layanan apa saja yang disediakan oleh Widya Security. Segera hubungi Widya Security untuk berdiskusi secara personal dengan tim kami melalui WhatsApp Klik Disini

Whatsapp