Mengenal Lebih Dalam Mengenai Zero Trust Data Access • Widya Security Skip to content

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Zero Trust Data Access

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Zero Trust Data Access

Di era digital yang semakin kompleks, di mana ancaman cyber yang berkembang pesat, keamanan informasi telah menjadi prioritas utama bagi perusahaan di seluruh dunia. Perusahaan atau instansi perlu waspada terhadap ancaman cyber yang mungkin dieksploitasi oleh penyerang. Untuk melindungi sistem dan data Anda, penting untuk dapat menerapkan keamanan cyber secara efektif, salah satu metodenya adalah dengan Zero Trust Data Access. (Mengenal Lebih Dalam Mengenai Zero Trust Data Access)

Zero Trust Data Access (ZTDA) merupakan pendekatan keamanan yang mendasarkan pada prinsip bahwa semua sistem perusahaan tidak ada yang dapat dipercaya. Bahkan jika mereka berada dalam jaringan internal perusahaan. Zero Trust Data Access memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan jaringan untuk meminimalkan risiko serangan cyber.

Artikel ini akan membantu Anda memahami konsep Zero Trust Data Access. Hal ini penting untuk dapat membantu perusahaan meningkatkan keamanan digital mereka dengan mengubah cara mereka memandang kepercayaan dan akses data. Mari kita mulai dengan menjelaskan urgensi dari Zero Trust Data Access untuk melindungi data perusahaan.

Urgensi Zero Trust Data Access Dalam Perusahaan

Data merupakan salah satu aset paling berharga bagi perusahaan. Kehilangan, pencurian, atau penyalahgunaan data dapat merusak bisnis dan reputasi perusahaan. Berikut urgensi zero trust data access untuk melindungi data perusahaan :

Menghindari Serangan Eksternal

Zero trust data access dapat membantu untuk mengurangi resiko ancaman cyber dengan membatasi akses ke data internal perusahaan, dan hanya dibagikan kepada mereka yang memerlukan data perusahaan dengan akses yang ketat.

Ancaman Cyber Semakin Canggih

Perusahaan dihadapkan dengan serangan cyber yang begitu ketat. Zero trust Data Access membantu untuk melindungi data dengan cara memeriksa setiap permintaan akses secara ketat agar data tidak disalahgunakan.

Perlindungan Data Penting Perusahaan

Perusahaan memiliki big data penting seperti data pelanggan, data keuangan, ataupun data strategi perusahaan yang sangat rahasia. Alasan itu, membuat zero trust data access memiliki peranan penting untuk melindungi data karena mereka membatasi akses data untuk pihak eksternal.

Mengurangi Risiko Kesalahan Manusia (Human Error)

Karyawan terkadang mengalami human error dimana hal tersebut dapat merugikan perusahaan. Salah satu kesalahan yang dilakukan karyawan adalah membocorkan data perusahaan untuk kepentingan pribadi. Dengan zero trust data access memungkinkan perusahaan untuk mengamankan akses data.

Prinsip – Prinsip Utama Zero Trust Data Access

Zero trust data access membawa beberapa prinsip utama untuk mengamankan akses ke data. Prinsip ini terbentuk karena zero trust data access yang berfokus pada ketidakpercayaan terhadap keamanan sistem. Berikut prinsip utama zero trust data access :

Kepercayaan nol

Tidak ada satupun pengguna yang dapat dipercaya. Prinsip ini timbul berdasarkan pada asumsi bahwa semua dianggap sebagai ancaman yang dapat merugikan perusahaan.

Verifikasi Secara Berkala

Pengguna harus diverifikasi secara terus-menerus untuk memastikan bahwa mereka masih memiliki akses. Artinya bahwa pengguna harus diverifikasi setiap mereka mencoba untuk mengakses sistem

Kontrol Akses Internal Secara Ketat

Kontrol akses mikro secara ketat artinya pengguna hanya bisa mengakses sumber data dan dibatasi secara ketat berdasarkan kebutuhan.

Penegakan Kebijakan Secara Konsisten

Kebijakan harus konsisten di seluruh jaringan, termasuk di lingkungan cloud. Hal ini dapat diartikan bahwa semua pengguna harus diverifikasi dan diberikan akses sesuai dengan kebijakan keamanan.

Dengan memanfaatkan zero trust data access (ZTDA), perusahaan dapat memperkuat keamanan sistem perusahaan. Terlepas dari konsep, zero trust data access bukan lagi hanya konsep, tetapi merupakan solusi yang sangat penting dalam menghadapi keamanan cyber yang semakin berkembang. Perusahaan harus dapat beradaptasi dengan lingkungan yang semakin berkembang. Zero trust data access menjadi pondasi utama untuk memastikan berjalannya bisnis di era digitalisasi. 

Untuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Zero Trust Data Access bisa hubungi kami lewat whatsapp Klik Disini

Artikel Terbaru

Whatsapp