Skip to content

Strategi Blue Team Mengatasi Serangan Malware Berbahaya

cover_blue_team (1)

Strategi Blue Team Mengatasi Serangan Malware Berbahaya

Dalam era digital yang semakin berkembang mengakibatkan muncul banyak tantangan baru yang perlu diwaspadai. Salah satu serangan cyber yang perlu kita semua waspadai adalah serangan malware yang dapat mengganggu sistem perusahaan. Maka dari itu, melindungi sistem perusahaan dan data adalah prioritas utama perusahaan yang dilakukan oleh tim keamanan atau sering kita kenal sebagai Blue Team. Blue Team memiliki peran penting dalam mengidentifikasi, menghentikan, dan mengatasi serangan malware yang dapat merusak dan mencuri data berharga.

Serangan malware sudah masuk ke Indonesia sejak lama. Menurut Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, Bank Indonesia terkena serangan malware berjenis ransomware conti pada tanggal 21 Januari 2022. Namun, serangan malware di Bank Indonesia sudah ada sejak tahun 2021, dan baru ditindaklanjuti pada tahun 2022. Setelah ditelusuri serangan malware pada Bank Indonesia tidak terlalu besar, serangan malware hanya menyerang 16 komputer personal dan tidak berdampak pada sistem penting di Bank Indonesia pusat.

Artikel ini akan membahas peran dan strategi Blue Team dalam menghadapi serangan malware berbahaya dan menjaga keamanan di era digital yang penuh ancaman cyber.

Pentingnya Peran Blue Team dalam Perusahaan

Salah satu aspek penting dalam strategi keamanan cyber adalah tim keamanan internal yang dikenal sebagai Blue Team. Peran Blue Team dalam perusahaan tidak dapat diabaikan, berikut pentingnya peran Blue Team dalam perusahaan:

Deteksi Dini Serangan Cyber

Blue Team memiliki peran penting dalam mengidentifikasi serangan cyber. Mereka menggunakan alat-alat keamanan untuk menganalisis pergerakan jaringan, serta memantau sistem untuk mengenali aktivitas yang mencurigakan. Dengan kemampuan mendeteksi serangan cyber sejak dini, serangan dapat dicegah sebelum mereka menyerang sistem perusahaan untuk menyebabkan kerugian.

Pemulihan Kerusakan Sistem dengan Cepat

Blue Team terlatih untuk merespons serangan cyber dengan cepat, sehingga kerusakan sistem dapat dipulihkan dengan cepat dan efektif. Setelah terjadi serangan, Blue Team dapat membantu pemulihan data yang hilang atau rusak. Mereka memiliki prosedur pemulihan data yang efektif untuk mengurangi dampak dari serangan tersebut.

Pengujian Keamanan Sistem

Blue Team rutin mengadakan penetration testing dan analisis keamanan internal internal untuk mengidentifikasi celah keamanan sebelum penyerang melakukannya. Hal ini, memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki kerentanan sistem sebelum menjadi target eksploitasi penyerang.

Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan

Blue Team dapat membantu meningkatkan keamanan data perusahaan dengan menerapkan kontrol keamanan, mendeteksi, menanggapi serangan, dan memulihkan sistem yang terkena serangan cyber. Dengan adanya ini, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan tanggung jawab mereka terhadap keamanan informasi.

 

Taktik Blue Team dalam Mengatasi Serangan Malware

Taktik Blue Team dalam mengatasi serangan malware melibatkan beberapa langkah untuk mendeteksi, merespons, dan menghilangkan ancaman. Berikut adalah beberapa taktik yang biasa digunakan oleh Blue Team:

Tahap Pencegahan

Tahap pencegahan dalam mencegah serangan malware dalam sistem. Pada tahap pencegahan Blue Team dapat melakukan peningkatan kesadaran pengguna mengenai pengetahuan malware. Blue Team juga dapat menerapkan kontrol keamanan berupa antivirus, antimalware, dan kebijakan lainnya untuk membangun pertahanan sistem.

Tahap Deteksi

Pada tahap ini, bertujuan untuk mendeteksi malware yang sudah terlanjur masuk ke dalam sistem. Dalam tahap ini, Blue Team dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk mendeteksi malware. Setelah itu Blue Team dapat melakukan analisis untuk mendeteksi jenis malware dan sistem yang sudah terkena serangan cyber.

Tahap Penyelesaian

Pada tahap ini merupakan tahap terakhir dalam taktik Blue Team. Pada tahap ini Blue Team bertujuan untuk menghapus malware dan memulihkan sistem yang terkena serangan cyber. Blue Team dapat mengambil langkah untuk mencegah serangan malware yang berulang. Langkah-langkah ini dapat berupa menutup celah keamanan, meningkatkan kesadaran pengguna, dan melakukan pelatihan. 

Dalam dunia di mana serangan cyber dapat merusak reputasi dan merugikan suatu  bisnis, Blue Team menjadi garda terdepan yang berperan dalam melindungi perusahaan dari serangan cyber. Blue Team tidak dapat diabaikan, karena mereka membantu perusahaan menjaga data, sistem, dan layanan mereka agar  tetap aman di tengah ancaman cyber yang terus berkembang. 

  1. Menyoroti permasalahan tersebut, Widya hadir dengan layanan Training Blue Team untuk melatih perusahaan Anda untuk menjadi profesional keamanan cyber. Terdapat beberapa pilihan training Blue Team Widya Security antara lain pelatihan Linux Basic, Linux Administration, Secure Coding, Hardening Server, dan Secure Data Management yang dapat dipilih menyesuaikan kebutuhan Anda. Tak hanya itu Training Blue Team Widya Security memiliki beberapa fasilitas menarik seperti tim mentor yang profesional, fleksibilitas dalam pelatihan, kurikulum berbasis praktis, real study case, dan mendapatkan sertifikat pelatihan.  Tak hanya itu, Widya Security juga menyediakan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT). Kunjungi widyasecurity.com untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Widya Security.
Whatsapp