Skip to content

5 Kerugian Perusahaan Bagi Perusahaan yang Tidak Menerapkan ISO 27001

5 Kerugian Perusahaan Bagi Perusahaan yang Tidak Menerapkan ISO 27001

Dalam dunia yang semakin terhubung dan terdigitalisasi, perusahaan harus memprioritaskan perlindungan data mereka. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai ini adalah dengan menerapkan standar internasional seperti ISO 27001. Standar keamanan ISO 27001 merupakan standar keamanan informasi yang diakui secara global yang memberikan pedoman dan kerangka kerja untuk mengelola keamanan informasi dalam sebuah organisasi. 

Perusahaan yang tidak menerapkan standar ISO 2700 mungkin akan menghadapi beberapa kerugian serius. Widya Security hadir dengan layanan ISO 27001 Consulting bagi perusahaan yang masih minim informasi mengenai ISO 27001. Untuk biaya melakukan sertifikasi ISO 27001 bervariasi, tergantung pada sistem dan penyedia jasa layanan sertifikasinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima kerugian utama bagi perusahaan yang tidak menerapkan ISO 27001 : 

 

5 Kerugian Perusahaan yang Tidak Menerapkan ISO 27001 

Hilangnya Kepercayaan Pelanggan

Perusahaan yang tidak menerapkan ISO 27001 akan mengalami kesulitan dalam meyakinkan pelanggan bahwa data pribadi mereka aman. Kepercayaan pelanggan merupakan aset berharga yang harus dilindungi, dan ketika pelanggan merasa data pribadi mereka tidak terlindungi, mereka mungkin mencari alternatif yang lebih aman. ISO 27001 membantu menciptakan kepercayaan dengan memberikan jaminan bahwa perusahaan memiliki sistem keamanan yang kuat.

Risiko Keamanan yang Meningkat

Tanpa standar keamanan yang jelas dan terstruktur, perusahaan rentan terhadap ancaman keamanan yang akan menyerang kapan saja. Kebijakan dan prosedur keamanan yang kurang, akan menyebabkan pelanggaran data, serangan cyber, dan kehilangan informasi yang dapat merugikan perusahaan maupun pelanggan. ISO 27001 dapat membantu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko keamanan informasi dengan cara yang terorganisir dan efisien.

Penurunan Daya Saing

Perusahaan yang tidak dapat memenuhi standar keamanan yang diharapkan oleh pelanggan dan mitra bisnis mereka mungkin kehilangan daya saing di pasar. Keamanan informasi yang kuat menjadi faktor penting dalam pemilihan mitra bisnis dan kontrak. ISO 27001 dapat menjadi pembeda yang kuat dalam memenangkan kepercayaan mitra bisnis dan pelanggan.

Biaya Riset dan Perbaikan yang Tinggi

Ketika perusahaan mengalami ancaman cyber atau kebocoran data, biaya riset dan perbaikan dapat melonjak secara signifikan. Perusahaan harus menyelidiki penyebab insiden, memperbaiki kerentanannya, dan mengembalikan kepercayaan pelanggan. Dengan ISO 27001 dapat membantu mencegah kejadian seperti ini, kemudian dengan mengidentifikasi dan mengurangi risiko sejak awal dapat menghemat biaya jangka panjang.

Mendapat Dampak Hukum dan Regulasi yang Serius

Banyak negara memiliki peraturan ketat yang mengatur keamanan data dan perlindungan privasi. Perusahaan yang tidak mematuhi regulasi ini dapat menghadapi sanksi hukum yang serius. ISO 27001 dapat membantu perusahaan memahami dan mematuhi regulasi yang berlaku, mengurangi risiko hukum, dan potensi dampak finansial yang signifikan.

 

Ayo Ikuti ISO 27001 Consulting Widya Security

Dalam dunia yang semakin digital dan terhubung, perlindungan data tidak boleh diabaikan. ISO 27001 menjadi alat yang kuat untuk membantu perusahaan menjaga keamanan informasi mereka dan mengurangi kerugian potensial yang dapat disebabkan oleh pelanggaran data atau serangan cyber. Dengan menerapkan standar ISO 27001, perusahaan dapat meningkatkan keamanan, membangun kepercayaan, mematuhi regulasi, mengurangi biaya, dan mempertahankan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Menyoroti permasalahan tersebut, Widya Security menghadirkan solusi bagi perusahaan yang ingin mengetahui lebih mendalam mengenai Sertifikasi ISO 27001 dengan layanan Konsultasi ISO 27001. Kami memiliki tim profesional yang bersertifikasi, kustomisasi solusi dan dukungan lanjutan, berkomitmen dalam transparansi dan integritas, serta keamanan dan kerahasiaan data yang terjaga dalam layanan ISO 27001 Consulting. Kunjungi widyasecurity.com untuk mengetahui informasi produk dan layanan Konsultasi ISO 27001 dari Widya Security atau diskusi langsung melalui WhatsApp di sini.

Whatsapp