Ketahuilah Sektor Industri yang Membutuhkan Pentest • Widya Security Skip to content

Ketahuilah Sektor Industri yang Membutuhkan Pentest

Ketahuilah Sektor Industri yang Membutuhkan Pentest

Uji pentest merupakan proses yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi kerentanan keamanan dalam sebuah perangkat lunak. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perangkat tersebut tidak rentan terhadap serangan dari pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Peran pentest disini untuk melindungi data, informasi rahasia, dan infrastruktur digital dari serangan cyber yang dapat merusak reputasi dan dampak finansial perusahaan. Uji pentest dapat dilakukan secara berkala untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Keberhasilan pentest bergantung pada tingkat ketelitian dan tools dari  penyedia jasa layanan pentest. Harga pentest dapat mempengaruhi hasil, karena harga pentest bergantung pada tingkat kesulitan dan sistem yang akan diuji pentest. Oleh karena itu, Widya Security hadir sebagai penyedia layanan jasa penetration testing yang berlokasi di Jogja. Di bawah ini, kita akan membahas sektor industri yang sangat memerlukan pengujian penetrasi untuk menjaga keamanan mereka.

 

5 Sektor Industri yang Membutuhkan Layanan Penetration Testing

Industri BFSI (Perbankan, Keuangan, dan Asuransi)

Industri perbankan, keuangan, dan asuransi merupakan sasaran utama bagi penjahat cyber. Perusahaan di sektor ini menyimpan informasi finansial yang sangat berharga, termasuk data pelanggan, rekening bank, dan transaksi. Seorang penyerang yang sukses dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar dan merusak reputasi perusahaan. Menyoroti hal tersebut, pentest menjadi alat penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan yang dapat digunakan oleh penjahat cyber dalam upaya mencuri data finansial.

Layanan Publik dan Pemerintah

Layanan publik dan lembaga pemerintah menyimpan data yang sangat penting, termasuk informasi warga negara, data fiskal, dan rincian proyek infrastruktur. Serangan cyber pada sektor ini dapat merusak integritas dan kepercayaan publik. Manfaat uji pentest pada layanan publik dan pemerintah adalah untuk membantu menilai kerentanan dalam infrastruktur publik dan pemerintah dan melindungi data penting masyarakat.

Kesehatan dan Layanan Medis

Sektor kesehatan mengelola informasi medis pribadi dan sensitif, seperti rekam medis pasien dan data pembayaran. Serangan cyber terhadap lembaga kesehatan dapat berdampak besar pada kerahasiaan dan integritas data pasien. Dengan melakukan Pentest dapat membantu memastikan bahwa sistem informasi kesehatan terlindungi dengan baik, mengurangi resiko pencurian data pasien atau gangguan layanan yang dapat berdampak negatif pada perawatan medis.

E-Commerce

Perusahaan e-commerce bergantung pada transaksi online dan penyimpanan data pelanggan. Keamanan transaksi online dan privasi pelanggan adalah kunci kesuksesan dalam bisnis ini. Serangan cyber yang mengarah pada pencurian data kartu kredit atau informasi pribadi pelanggan dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan pelanggan dan kerugian finansial yang signifikan. Pada industri e-commerce, perusahaan dapat memilih melakukan pentest web, karena hampir semua e-commerce menggunakan website untuk melakukan jual beli online. Dengan melakukan uji pentest membantu e-commerce untuk mengidentifikasi potensi kerentanan dalam infrastruktur e-commerce dan membantu menjaga kepercayaan pelanggan.

Manufaktur dan Energi

Industri manufaktur dan energi sering menggunakan sistem kontrol industri yang terhubung ke jaringan. Serangan cyber yang berhasil menyerang sistem pada industri manufaktur dan energi ini dapat memiliki dampak serius, termasuk gangguan produksi dan potensi ancaman terhadap keselamatan publik. Uji pentest dapat memainkan peran kunci dalam mengidentifikasi kerentanan dalam sistem kontrol industri dan membantu mencegah potensi serangan yang merusak.

 

Ayo Lakukan Pentest Bersama Widya Security

Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, pentest merupakan alat penting untuk menjaga keamanan data dan infrastruktur digital dalam berbagai sektor industri. Setiap industri atau instansi, harus memprioritaskan uji pentest sebagai bagian dari strategi keamanan cyber mereka. Dengan memahami potensi risiko dan kerentanan, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi aset digital mereka dan menjaga operasi bisnis mereka berjalan dengan aman.

Widya Security sebagai perusahaan penetration testing yang berlokasi di Jogja menyadari permasalahan tersebut. Widya Security menyediakan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT). Widya Security dapat meningkatkan keamanan dengan penetration testing berbasis aplikasi mobile, website, server, dan wifi. Kunjungi widyasecurity.com untuk mengetahui informasi produk dan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) dari Widya Security atau diskusi langsung melalui WhatsApp di sini.

Artikel Terbaru

Whatsapp