Skip to content

Waspada, ini 5 Daftar Bidang Pekerjaan yang Terancam Digantikan AI

27032

Era revolusi industri 4.0 telah memasuki fase terbaru. 3 aspek yang tengah berkembang meliputi digital, fisik , dan biologi, seperti peningkatan pesat pada pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence) AI, dan komputerisasi yang belajar secara mandiri (machine learning). Perkembangan teknologi ini hadir demi memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari terkait pemanfaatan komputer itu sendiri.

Namun, dengan berkembangnya AI yang sangat signifikan, terdapat ancaman mengenai andil manusia dalam bekerja. Ada beberapa bidang pekerjaan yang terancam akan digantikan oleh AI pada masa mendatang, berikut daftar bidang pekerjaan yang terancam digantikan oleh AI.

Bidang Teknologi 

Muncul dalam basis bidang teknologi, tentunya pekerjaan terkait bidang teknologi itu sendiri terancam. Kemudahan dalam pengoprasian artificial intelligent (AI) dalam bermanufer dalam bidang komputer, akurasi yang sangat baik, dan kecepatan dalam melaksanakan perintah menjadi faktor utama mengapa pekerjaan di bidang teknologi mulai terancam. 

Pada bidang ini, komputer akan belajar secara mandiri dalam melaksanakan perintah. Sebuah survei menurut Github menyatakan bahwa, 92% perusahaan yang berada di AS memanfaatkan untuk coding, sekitar 70% responden percaya dan meyakini bahwa pengkodingan menggunakan AI mengurangi kesalahan. 

Pekerjaan dalam bidang teknologi yang terancam digantikan oleh AI antara lain:

  • Coding
  •  Programmer
  • Software engineering
  • Data analyst

Pekerjaan seperti coding, programmer, software, dan data analyst berpotensi digantikan oleh AI, tools yang familiar digunakan seperti Chat GPT akan memiliki peran yang besar dalam menggeser posisi manusia terkait pekerjaan dalam bidang teknologi itu sendiri.

Bidang Media 

Pada bidang media juga ikut terancam dengan munculnya AI dalam perkembangan teknologi saat ini. Hal ini dikarenakan AI mampu memahami dan membaca data berupa bahasa atau teks. Dengan melaksanakan perintah dari si pengguna, AI akan dapat dengan mudah menghasilkan data berbasis teks dengan tujuan tertentu sesuai dengan keperluan si pengguna.

Dalam bidang media sendiri beberapa pekerjaan yang akan digantikan oleh AI meliputi:

  • Penulis
  • Periklanan
  • Content creator
  • Jurnalis
  • Desain grafis

Dalam sektor desain sendiri AI mempunyai Dall-E dan Midjourney yang mampu memfasilitasi pengguna untuk menghasilkan karya yang kompleks dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Bidang Layanan Konsumen (customer service)

Pekerjaan yang mengandalkan layanan konsumen atau yang biasa kita sebut sebagai customer service telah lama menggunkan jasa menusia dalam pengoprasiannya. Namun, dengan munculnya AI pada saat ini menjadikan peran manusia dalam pekerjaan ini menjadi terancam. 

Pada tahun 2022 Chatbot ramai dibicarakan. Chatbot yang dimotori oleh perkembangan AI sendiri mampu untuk mengoperasikan layanan konsumen dalam bentuk percakapan teks atau audio melalui sebuah aplikasi seperti pesan dan web. Aplikasi yang muncul dari berkembangnya AI ini mampu melaksanakan perintah dengan sangat cepat dan faktanya chatbot juga dapat meminimalisir resiko typo. Menurut survei Salesforce, chatbot telah digunakan oleh 23% perusahaan untuk pelayanan konsumen.

Bidang Pengajar 

Banyak yang menganggap bidang keguruan tidak dapat digantikan oleh AI. Namun, sebaiknya para guru harus waspada terhadap pesatnya perkembangan AI di era ini, sebab AI mampu menjangkau semua kondisi dan kebutuhan bagi yang membutuhkan jasa pengajar.

Beberapa pekerjaan dalam bidang keguruan yang dapat diambil alih oleh AI, di antaranya adalah:

  • Guru
  • Tentor pribadi
  • Les

Chat GPT menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para guru pada saat ini. Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Kemudahan akses dan kesediaan Chat GPT dalam menjawab dan memberikan materi kepada pengguna menjadi poin utama mengapa saat ini Chat GPT ramai digunakan. 

Bidang Keuangan 

Dengan kemampuan analisis yang baik dan perhitungan yang akurat oleh AI, bukan menjadi hal yang mustahil AI dapat menggantikan posisi orang-orang yang bekerja dalam bidang keuangan. Kemampuan mengakses informasi dengan cepat kemudian mengkomunikasikannya kepada pengguna dan pemanfaatan perhitungan yang hampir akurat dari AI sendiri akan mampu mengoperasikan pekerjaan dalam bidang keuangan dengan baik.

Adapun pekerjaan dalam bidang keuangan yang beresiko diambil alih oleh AI seperti:

  • Analisis keuangan
  • Penasihat keuangan pribadi
  • Akuntan

Tidak semua bidang pekerjaan akan digantikan oleh AI, peran manusia masih sangat dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0 saat ini. Dengan meningkatkan skill yang dibutuhkan dimasa mendatang akan menjadi solusi yang sangat baik dalam mengantisipasi ancaman dari perkembangan AI itu sendiri.

Ditulis Oleh: Widi Setiawan

Whatsapp