Cyber Security VS Information Security, Inilah Perbedaannya! • Widya Security Skip to content

Cyber Security VS Information Security, Inilah Perbedaannya!

cyber security vs information security

Saat ini perlindungan data dan informasi dalam instansi atau perusahaan sangat penting untuk dilakukan, kerugian yang terjadi akibat pencurian atau kehilangan data dan informasi bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Pencegahan untuk menangani keamanan sistem cyber tentunya menjadi garda terdepan instansi yang sedang berkembang pada saat ini. Kejahatan dunia cyber atau yang biasanya disebut sebagai cyber crime atau cyber attack. Bisanya menyasar kelengahan dan kerentanan sistem jaringan terkait perusahaan dan juga cyber attack bisa menyerang siapa saja seperti individu atau kelompok grup tertentu dan tidak selalu tentang instansi atau perusahaan. Maka dari itu pemahaman terkait cyber security dan information security sangatlah penting untuk dipahami setiap individunya. 

Bagaimana Konsep Pertahanan Dalam Sebuah Sistem?

Pada perkembangan era teknologi saat ini, konsep pertahanan yang ada dalam dunia cyber mengalami peningkatan. Kita mungkin sudah familiar dengan sistem cyber security dan pada saat ini telah muncul sebuah konsep sistem pertahanan yang mirip seperti cyber security. Yaitu, ada information security, walaupun prinsip umumnya sama yaitu bertanggung jawab atas keamanan cyber, tetap saja information security berbeda dengan cyber security. Perbedaan yang terlihat mulai dari fokus dan penerapan konsep secara keseluruhan yang berbeda. Kedua model atau konsep tersebut dapat membantu sistem keamanan cyber yang ada pada gadget atau perangkat berbasis jaringan anda. Namun, dengan fokus dan implementasi nya yang berbeda.

Information Security

Information Security atau sebuah sistem keamanan informasi adalah lini pertahanan dunia cyber yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan data dan informasi krusial yang ada milik perusahaan. istilah information security biasanya disebut sebagai InfoSec, secara keseluruhan InfoSec adalah bagian dari cyber security yang berfokus untuk keamanan data. 

Komponen Utama Information Security

  1. Confidentiality, adalah sebuah kerahasiaan. Jika membahas sebuah informasi dan data tentunya tingkat kerahasiaan data menjadi nilai utama di dalamnya.
  2. Integrity, adalah sebuah integritas dari para pelaku keamanan informasi itu sendiri. Penyalahgunaan informasi dari orang yang tidak bertanggung jawab tentunya dapat menimbulkan resiko kebocoran data.
  3. Availability, adalah sebuah ketersediaan informasi dan data instansi perusahaan. pemahaman dan pemilihan informasi data lebih lanjut akan menjadi poin utama dalam lingkup information security.

Cyber Security

Secara umum, kita mungkin jauh lebih mengenal cyber security dibandingkan dengan information security. Hal ini dikarenakan, karena information security adalah bisa diibaratkan sebagai subdivisi dari cyber security itu sendiri. Cyber security adalah model dan konsep keamanan dunia cyber atau maya, yang bertanggung jawab mengatasi semua hal terkait permasalah yang terjadi pada dunia maya, dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kerugian yang ditimbulkan oleh para penjahat dunia maya seperti hacker yang tidak bertanggung jawab. 

Perbedaan Cyber Security dan Information Security

Fokus Implementasi 

Cyber security menangani semua lingkup pekerjaan terkait keamanan dunia cyber, berbeda dengan information security. Information security berfokus pada perlindungan kerahasiaan, ketersediaan informasi, dan integritas. Lalu, cyber security biasanya akan fokus pada pencegahan cyber attack dan hal yang terkait pada media sosial juga. Sedangkan information security akan berfokus pada pemahaman dan identifikasi  terkait informasi dan data yang menjadi target dari serangan. 

Nilai Sebuah Informasi

Seperti yang disinggung pada poin pertama, cyber security memiliki tanggung jawab yang lebih general dalam penerapan keamanan cyber. disinilah peran information security sangat penting dalam menjaga keamanan informasi dan data yang tersedia. Information security menganggap informasi dan data adalah hal yang paling utama untuk dinilai demi dapat memahami motif cyber attack yang terjadi.

Nah, itu dia penjabaran terkait perbedaan dari cyber security dan information security. Mulai dari implementasi dan seberapa pemahaman terkait nilai sebuah informasi data adalah menjadi acuan utama pada perbedaan cyber security dan information security.

Oleh: Widi Setiawan

Artikel Terbaru

Whatsapp