Memahami Secure Coding Sebagai Bagian dari Cyber Security • Widya Security Skip to content

Memahami Secure Coding Sebagai Bagian dari Cyber Security

apa itu secure coding

Dalam dunia cyber security, keamanan terkait dunia cyber diatur sedemikian rupa agar semua risiko yang ada dapat diminimalisir lebih dalam. Bahasa pemrograman juga diatur agar menghindari kesalahan atau juga dapat meningkatkan keamanan pemrograman. Eksploitasi terhadap kerentanan kode jug menjadi masalah yang merepotkan bagi para pelaku pertahanan cyber, jika kode terkait pemrograman dieksploitasi lebih jauh hal ini juga mengakibatkan kerusakan sistem atau perangkat lunak pada suatu komputer. Memperkuat dan mengamankan kode pemrograman sama saja menjalankan tugas terkait cyber security. Namun, sebenarnya apa itu secure coding sendiri dalam dunia cyber?

Apa Itu Secure Coding?

Secure coding jika diterjemahkan adalah pengkodean aman, coding sendiri merujuk pada kata computer programing. Segala aktivitas yang melalui bahasa pemrograman yang ada pada komputer disebut sebagai coding. Jika digabungkan secure coding adalah bahasa pemrograman kode yang diatur sedemikian rupa mengikuti prinsip-prinsip dan praktik terbaik dengan tujuan mengurasi resiko kesalahan dan ancaman terkait penyerangan cyber yang menyasar proses coding perangkat komputer. 

Komponen Utama dalam Secure Coding

Validitas Input Data 

Dengan memastikan data yang diinput dalam coding aman, resiko yang akan timbul terkait serangan cyber akan diminimalisir, malware bisa saja masuk melalui sumber data yang akan dimasukan dalam coding. Memahami dan memastikan bahwa data yang akan digunakan bersumber dari sumber yang terpercaya akan menjadi tembok awal keamanan coding pada perangkat. 

Autentikasi Password dan Kontrol Akses

Manfaatkan password yang aman dan pergantian secara rutin akan membantu dalam proses keamanan coding. Mengontrol akses yang bertujuan langsung kepada proses coding juga menjadi satu paket dengan autentikasi password. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi celah data disusupi oleh malware atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini bertujuan mengacaukan sistem pemrograman dalam perangkat komputer. Maka dari itu, pemantauan lebih dalam terhadap password dan mengontrol akses penuh terhadap semua aktivitas. Hal yang bersangkutan dengan pemrograman akan penting dilakukan dalam menjalankan secure coding.

Menjaga Kompleksitas Kode 

Rancangan yang kompleks akan menjadikan recovery jika terjadi penyerangan cyber akan lebih mudah. Walaupun hal ini juga bisa saja dapat lebih beresiko karena rentan untuk dieksploitasi lebih jauh. Namun, dengan perancangan kode yang kompleks dan kerapihan data yang sederhana akan sangat membantu dalam pemantauan data itu sendiri.

Modeling Ancaman

Kita semua mengetahui bagaimana sulitnya dalam melindungi diri terhadap ancaman yang tidak dapat kita sadari. Mengidentifikasi ancaman dan menganalisis lebih dalam ancaman serta mengatur strategi perlawan ketika terjadi penyerangan cyber tentunya sangat penting dilakukan. Hal inilah yang diatur dalam modeling ancaman itu sendiri, dengan memahami ancaman tentunya persiapan yang ada pun menjadi lebih terintegrasi. 

Implementasi Kriptografi

Kriptografi merupakan komponen paling utama dalam usaha praktik secure coding, kriptografi dapat melindungi kode dengan menggunakan algoritma secara acak. Dalam kriptografi, kode yang dijalankan akan ter enkripsi dan dekripsi secara otomatis. Melalui proses ini juga kriptografi menjadi penanganan paling kuat dalam secure coding. Pemilihan algoritma yang sesuai dan tentunya terbaik akan sangat berguna jika kita ingin mengamankan kode-kode program.

Secure Coding untuk Keamanan Kode Lebih Maksimal

Penerapan keamanan kode menjadi solusi terbaik dalam menjaga stabilitas sistem komputer. Ini mencegah dengan memperkuat pertahanan kedalam sistem akan mengurasi resiko penyerangan cyber yang ada. Keamanan dimulai dari kode yang kuat dan informasi data yang bersih dan terpercaya. Perlindungan keamanan cyber dapat lebih diantisipasi asal sistem internal perangkat terjaga dengan baik dan kuat.

Oleh: Widi Setiawan

Artikel Terbaru

Whatsapp