Inilah Jenis Firewall yang Wajib Anda Ketahui! • Widya Security Skip to content

Inilah Jenis Firewall yang Wajib Anda Ketahui!

jenis firewall

Di era digital yang semakin canggih ini, keamanan siber menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Serangan siber yang semakin kompleks dan beragam, dapat mengganggu kegiatan operasional perusahaan. Dalam upaya melindungi diri dari serangan ini, firewall muncul sebagai salah satu alat pertahanan utama.  Firewall merupakan sistem keamanan yang bertugas untuk memantau dan menyaring aktivitas lalu lintas jaringan berdasarkan pengaturan keamanan yang telah ditentukan. Firewall berfungsi untuk  mengontrol dan memantau lalu lintas data untuk melindungi data – data sensitif milik perusahaan. 

Manfaat Implementasi Firewall Bagi Perusahaan

Mengelola Akses Jaringan

Teknologi ini dapat memonitor dan mengontrol lalu lintas jaringan berdasarkan pengaturan keamanan yang telah ditentukan. Dengan menerapkan aturan ini, dapat menjamin bahwa hanya lalu lintas yang diizinkan yang dapat melewati jaringan. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan perlindungan terhadap akses yang ilegal dan potensi serangan siber.

Melindungi Data – Data Sensitif

Firewall dapat menjamin keamanan data sensitif milik perusahaan. Dengan kemampuannya mengelola akses jaringan, kita dapat memastikan hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses informasi penting. Selain itu, dapat membantu dalam mengurangi risiko kebocoran data, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh penyerang. Dengan kata lain, bertindak sebagai gerbang utama untuk mencegah akses ilegal dan melindungi aset digital perusahaan dari ancaman siber.

Melindungi dari Serangan Siber

Perusahaan bisa melindungi jaringannya dari berbagai  serangan siber, dengan fungsi sebagai penghalang antara jaringan internal dan eksternal perusahaan, dan mengatur lalu lintas data. Dengan fitur untuk mendeteksi ancaman, menghentikan serangan malware, dan menemukan aktivitas mencurigakan, ini dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan milik perusahaan. 

Jenis – Jenis Firewall yang Wajib Diketahui

Packet-Filtering Firewall

Packet-filtering firewall berfungsi sebagai garda terdepan dalam memeriksa lalu lintas paket data. Namun, karena hanya memeriksa bagian luar paket data, mungkin kurang efektif dalam mendeteksi dan mencegah serangan yang lebih rumit seperti serangan pada aplikasi atau serangan yang menyamar dengan cara tertentu.

Dual-Homed Gateway

Dual-homed gateway memiliki dua interface jaringan dan dua IP Address yang terhubung ke dua jaringan berbeda. Biasanya jenis ini menghubungkan ke jaringan internal (LAN) dan ke jaringan eksternal (internet). Keuntungan adanya fitur ini adalah jika satu interface disusupi, maka interface lainnya akan  tetap aman. 

Screened Host Firewall

Screened host firewall menggabungkan kemampuan memfilter paket dengan bantuan host tambahan atau bisa disebut dengan bastion host. Bastion host bertindak sebagai penghubung antara jaringan internal dan eksternal, untuk menangani permintaan dari pengguna luar. Jenis ini memberikan keamanan tambahan untuk  memastikan bahwa hanya data yang telah diverifikasi dan dibersihkan oleh firewall eksternal dan bastion host yang dapat mencapai jaringan internal. 

Screened Subnet Firewall

Screened Subnet Firewall menggunakan dua lapisan firewall untuk membuat zona demiliterisasi (DMZ). Ini dapat meningkatkan keamanan jaringan dengan memberikan lapisan perlindungan tambahan. Tak hanya itu, jenis ini dapat memastikan bahwa serangan siber harus melewati lebih dari satu lapisan pertahanan sebelum mencapai jaringan internal perusahaan.

Selain menggunakan firewall untuk melindungi keamanan jaringan, perusahaan dapat mengimplementasikan penetration testing. Pentest bertugas untuk menguji dan mengidentifikasi kerentanan yang terdapat dalam jaringan perusahaan. Widya Security telah membantu lebih dari 30 klien untuk melindungi keamanan perusahaan dengan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT). Widya Security dapat meningkatkan keamanan dengan layanan VAPT berbasis aplikasi mobile, website, server, dan jaringan. Segera hubungi Widya Security untuk berdiskusi secara personal dengan tim kami mengenai layanan unggulan kami melalui WhatsApp

Artikel Terbaru

Whatsapp