Serangan Botnet: Apakah Bisa Dicegah Dengan Pentest? • Widya Security Skip to content

Serangan Botnet: Apakah Bisa Dicegah Dengan Pentest?

serangan botnet

Pada kuartal pertama tahun 2024, Indonesia menerima hampir 6 juta laporan serangan siber. Jumlah yang sangat tinggi ini menunjukkan bahwa infrastruktur digital di negara ini sangat rentan terhadap ancaman dan serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu serangan yang timbul adalah serangan botnet, dimana serangan ini memanfaatkan jaringan komputer yang telah terinfeksi dengan malware.

Dalam mengatasi masalah ini, perusahaan perlu terus berinvestasi dalam keamanan siber agar lingkungan digital tetap aman dan nyaman. Salah satu cara penting untuk melindungi data adalah dengan melakukan pentest secara rutin. Pentest dapat membantu untuk mencegah dan mengidentifikasi serangan siber dengan lebih awal dan terstruktur. Umumnya biaya investasi pentest berkisar Rp 20 – Rp 100 juta menyesuaikan dengan tingkat kerumitan sistem yang akan diuji.

Mengenal Definisi Serangan Botnet

Botnet atau robot networking adalah kumpulan jaringan komputer  yang telah terinfeksi oleh malware dan kemudian diambil alih oleh peretas untuk dijadikan sebagai alat untuk melakukan serangan dari jarak jauh. Dalam kondisi ini, peretas dapat dengan mudah mengendalikan jaringan yang terinfeksi untuk menjalankan berbagai jenis serangan seperti serangan phising untuk mencuri data sensitif tanpa sepengetahuan pemilik jaringan. 

Jenis – Jenis Serangan Botnet

Phising

Phising adalah salah satu serangan botnet, dimana pengguna tidak sengaja untuk membuka tautan yang dikirimkan oleh peretas melalui pesan di sosial media. Pesan yang dikirimkan oleh peretas mungkin sudah disisipi oleh malware yang dapat mengganggu kinerja sistem perangkat pengguna. Phising tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan berbagai kerugian seperti kerugian finansial hingga pencurian data.

Denial-of-Service (DoS)

Denial-of-Service (DoS) adalah salah satu serangan botnet, dimana penyerang akan membanjiri server dengan lalu lintas yang tinggi. Akibat dari serangan ini, situs website tidak dapat diakses oleh penggunanya karena website mengalami down/error. DoS dilakukan dengan menggunakan jaringan botnet, dimana peretas dapat mengendalikannya dari jarak jauh. Serangan DoS dapat merugikan banyak pihak, mulai dari kerugian finansial hingga merusak reputasi perusahaan.

Serangan Malware

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem, server dan jaringan pada perangkat smartphone maupun komputer. Serangan ini bisa berdampak luas, tidak hanya secara finansial tetapi juga merusak reputasi bisnis, mengurangi kepercayaan pelanggan, dan menyebabkan kehilangan data berharga.

Kebocoran Data

Kebocoran data adalah serangan cyber yang merujuk pada kejadian di mana informasi sensitif atau rahasia yang disimpan secara digital terekspos atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Peretas dapat melakukan pencurian data dari jarak jauh karena mereka sudah memiliki akses terhadap jaringan korban melalui serangan botnet. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses ilegal terhadap informasi sensitif atau rahasia, dengan maksud untuk keuntungan pribadi atau kepentingan tertentu.

Apakah Pentest Dapat Mencegah Serangan Botnet?

Serangan botnet dapat dicegah dan diatasi melalui pentest. Nantinya, tim keamanan siber melakukan simulasi serangan seperti yang dilakukan oleh penyerang atau botnet untuk mengeksplorasi kelemahan sistem. Proses ini melibatkan pengujian seperti mencari celah keamanan dalam aplikasi web, sistem operasi, atau jaringan komputer.

Dengan mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi titik kerentanan, tim keamanan dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk memperkuat sistem. Selain itu, menerapkan strategi  perlindungan yang lebih kuat. Misalnya, mereka dapat memperbarui perangkat lunak yang rentan, meningkatkan konfigurasi firewall, memperbaiki pengaturan keamanan jaringan, atau mengelola akses pengguna dengan lebih ketat.

Widya Security telah membantu lebih dari 30 perusahaan dalam melindungi perusahaan dari serangan siber melalui layanan vulnerability assessment dan penetration testing. Didukung dengan oleh tim ahli yang berpengalaman, Widya Security hadir sebagai solusi yang dapat diandalkan dalam menjaga keamanan sistem dan data perusahaan Anda. Segera hubungi Widya Security untuk berdiskusi secara personal dengan tim kami mengenai layanan cyber security training melalui pesan WhatsApp

Artikel Terbaru

Whatsapp