Red Team Training: Rahasia Hadapi Cyber Attack Masa Kini • Widya Security Skip to content

Red Team Training: Rahasia Hadapi Cyber Attack Masa Kini

red team training

Red team training menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan keamanan siber. Pelatihan ini memberikan wawasan dan keterampilan khusus kepada tim keamanan untuk berpikir dan bertindak seperti penyerang, untuk mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan yang ada. Red team sangat dibutuhkan di era digitalisasi karena serangan siber semakin berkembang dan sulit untuk diatasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki red team yang berkompeten dan terlatih untuk menghadapi berbagai ancaman siber.

Apa Itu Red Team Training?

Red team training merupakan program pelatihan khusus yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan tim keamanan siber dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi ancaman siber. Pelatihan ini memungkinkan tim keamanan untuk bertindak seperti penyerang, dengan tujuan mensimulasikan serangan nyata yang mungkin dihadapi oleh perusahaan. Melalui Red Team Training, peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang berbagai taktik, teknik, dan prosedur yang digunakan oleh penyerang, serta belajar bagaimana mengeksploitasi kerentanan dalam sistem, jaringan, dan aplikasi.

Berapa Biaya Red Team Training?

Di Indonesia sendiri, biaya yang dibutuhkan biasanya dimulai dari 5 juta – 10 juta rupiah. Biaya pelatihan Red Team dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk instruktur pelatihan, durasi pelatihan, materi yang diajarkan, hingga lokasi pelatihan. Faktor-faktor ini mempengaruhi harga karena instruktur yang lebih berpengalaman dan kursus yang lebih intens umumnya mengarah pada biaya yang lebih tinggi. Selain itu, biaya juga dapat berbeda tergantung pada fasilitas yang disediakan dan apakah pelatihan termasuk ujian sertifikasi atau tidak. 

Manfaat Mengikuti Red Team Training

Mengembangkan Kemampuan Pentest

Pelatihan ini dapat mengembangkan kemampuan pentest. Pentest merupakan metode pengujian keamanan yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kerentanan dalam sebuah aplikasi, server, maupun website. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan berbagai teknik pentest untuk mengekspos potensi celah keamanan yang akan mereka uji. 

Memperkuat Keamanan Sistem Perusahaan

Selain itu, dapat memperkuat keamanan siber, karena red team telah memiliki bekal untuk mengamankan sistem perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat merancang dan menerapkan strategi pertahanan yang lebih efektif, serta mengambil strategi yang tepat untuk melindungi aset dan data perusahaan dari berbagai serangan cyber.

Melakukan Pengelolaan Risiko Dengan Baik

Manfaat lainnya yaitu untuk membantu perusahaan untuk melakukan pengelolaan risiko dengan baik. Dengan melatih Red Team, perusahaan dapat lebih cepat mengenali risiko-risiko yang mungkin terjadi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan awal untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko sebelum menjadi masalah besar.

Mengidentifikasi Kelemahan yang Tersembunyi

Red team training dapat membantu perusahaan  untuk mengidentifikasi kelemahan yang mungkin tersembunyi dan terlewatkan dalam pengujian. Tim Red Team dilatih untuk menggunakan pendekatan yang realistis dalam mengidentifikasi sistem perusahaan. Sehingga mereka dapat menemukan celah kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh penyerang.

Jadilah Red Team yang Handal  Bersama Training Widya Security

Widya security adalah perusahaan yang berfokus pada layanan cyber security yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Widya Security membuka berbagai kelas training seperti blue team, red team, dan non-technical yang dapat Anda ikuti. Pelatihan ini dibutuhkan untuk melatih skill siber Anda. Layanan kami memiliki beberapa fasilitas menarik seperti tim mentor yang profesional dan fleksibilitas dalam pelatihan Selain itu, mendapatkan kurikulum berbasis praktis, real study case, dan mendapatkan sertifikat pelatihan.  Segera hubungi Widya Security untuk berdiskusi secara personal dengan tim kami mengenai layanan cyber security training melalui pesan WhatsApp

Artikel Terbaru

Whatsapp