DDoS Attack: Cara Jitu Menaklukan Ancaman di Website • Widya Security Skip to content

DDoS Attack: Cara Jitu Menaklukan Ancaman di Website

apa itu ddos attack

Apa Itu DDoS Attack?

Pernahkah Anda mengalami situs web down atau aplikasi yang tidak berjalan? Salah satu penyebabnya bisa jadi DDoS attack. Singkatnya, Distributed Denial of Service (DDoS) adalah taktik jahat yang merusak sistem web dan server dengan cara mengirimkan fake traffic atau lalu lintas palsu. Taktik ini menyebabkan situs web dan server menjadi tidak dapat diakses. Berdasarkan hasil riset dari salah satu situs, diperkirakan bahwa pada tahun 2024 serangan DDoS akan lebih ganas dan berlangsung lebih lama.

Bagaimana Menaklukan DDoS Attack di Website?

Hal ini menunjukkan pentingnya mengatasi serangan DDoS, berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan : 

Mengidentifikasi Serangan

Langkah awal tentu saja kita mengenali dan mengidentifikasi jenis serangan DDoS pada jaringan, aplikasi, atau bisnis anda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk menangani serangan tersebut.

Memantau Server Secara Berkala

Monitoring aktivitas server secara berkala sangat penting, melakukan pengecekan agar dapat mengidentifikasi lalu lintas mana yang mencurigakan atau berpotensi menyerang server anda. Pengecekan rutin membantu anda mengetahui pola lalu lintas dan mengambil langkah preventif pencegahan.

Menggunakan Firewall

Fungsi firewall sebagai penyaring berbagai jaringan yang masuk, membantu memblokir konten mencurigakan, mencegah kebocoran data, dan membatasi akses pengguna. Dengan mengkonfigurasi firewall secara optimal, anda dapat menetapkan aturan yang menentukan jenis fake traffic yang diizinkan atau diblokir. Singkatnya, firewall merupakan perangkat tambahan yang membantu melindungi data komputer anda dari berbagai ancaman.

Penyeleksian Lalu Lintas

Traffic filtering merupakan suatu proses memisahkan lalu lintas asli dari lalu lintas palsu. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berupa menggunakan firewall yang kuat, sistem deteksi intrusi (IDP), atau layanan proteksi DDoS. 

Gunakan Double Protection

Penggunaan proteksi lipat ganda tidak kalah penting untuk mengatasi serangan DDoS. Untuk melawan serangan DDoS, diperlukan skema pertahanan yang kuat dan terbukti signifikan.

Menggunakan Layanan Jasa Keamanan

Untuk memaksimalkan perlindungan anti DDoS, anda dapat menggunakan layanan jasa keamanan data. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan solusi berupa layanan menjaga data anda, termasuk mendeteksi dini serangan, pemantau lalu lintas jaringan 24/7, pembaruan keamanan, hingga pelaporan dan analisis rinci. Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda dapat fokus pada bisnis inti Anda sementara aspek keamanan ditangani oleh profesional.

Keamanan Website Jadi Lebih Maksimal untuk Mencegah DDoS Attack!

Menghadapi ancaman DDoS yang semakin ganas dan berlangsung lebih lama, penting bagi bisnis untuk mengambil langkah-langkah efektif dalam mengatasi serangan ini. Langkah awal adalah mengenali dan mengidentifikasi jenis serangan DDoS untuk menentukan tindakan yang tepat. Selanjutnya, pemantauan server secara berkala membantu mendeteksi lalu lintas mencurigakan. Penggunaan firewall, penyaringan lalu lintas, dan proteksi ganda juga krusial untuk memblokir konten mencurigakan dan memisahkan lalu lintas asli dari lalu lintas palsu. Selain itu, memanfaatkan layanan keamanan profesional dapat memberikan perlindungan menyeluruh, memungkinkan bisnis anda untuk fokus pada kegiatan inti.

Artikel Terbaru

Whatsapp