Skip to content

Deep Web vs Dark Web. Apakah perbedaannya?

deep dark web

Masih berpikir bahwa deep web dan dark web itu sama? Ini adalah pemahaman yang salah karena nyata nya deep web dan dark web adalah dua hal yang berbeda.

Deepweb merupakan situs web yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari seperti Google atau Yahoo, guna melindungi privasi penggunanya. Website ini berisi konten berbayar dan semua data yang ada di balik firewall seperti website yang terlindungi oleh password, user database, arsip website, akun pribadi seseorang. Deepweb juga berisi pesan e-mail, chat, konten yang bersifat pribadi di media sosial, laporan e-banking, catatan kesehatan, dan lainnya.

Sedangkan darkweb adalah bagian dari deepweb yang sama-sama tidak bisa terdeteksi oleh mesin pencari. Darkweb merupakan situs web yang dirancang dengan enkripsi dan sengaja disembunyikan karena berisi berbagai kegiatan ilegal dengan tingkat anonimitas yang tinggi. Salah satu software yang dapat digunakan untuk mengakses darkweb yaitu Tor Browser dengan gratis. Sofware ini yang telah disesain sedemikian mungkin oleh Firefox sehingga mendapatkan extention untuk privasi dan keamanan. Karena sistem di darkweb adalah melindungi privasi dan masih bisa untuk akses kebutuhan barang-barang ilegal.

Meskipun konotasi darkweb dianggap selalu  negatif, masih terdapat manfaat yang seringkali tidak diketahui. Manfaat darkweb salah satunya adalah anonimitas alias hak tanpa identitas(ID) , membantu bahwa setiap orang bisa melakukan apapun, diskusi mengenai apa saja, tanpa takut terkena sensor. Karena setiap negara makin banyak yang menggunakan sensor internet. Teknologi web anonim memungkinkan pengguna terhubung secara pribadi dan aman tanpa sepengetahuan pemerintah.

Bahaya :

  1. Lapak ilegal

Tersedia banyak konten-konten ilegal, seperti pornografi, prostitusi, narkoba, konten(foto ataupun video)  sadis atau bahkan jasa pembunuh bayaran. Tanpa disadari sejak awal mengeksploitasi sekaligus mencuri data  maupun uang dari penggunannya sehingga banyak kejahatan yang terdapat di darkweb.

 

  1. Melanggar hukum

Pengguna dapat dituntut untuk kegiatan yang tidak layak di darkweb,  misalnya transaksi narko atau sekedar mengakses konten ilegal.karena beberapa situs darkweb terkadang diawasi oleh penegak hukum.  Maka dari itu penting bagi pengguna untuk berperilaku dengan cara yang sesuai legal.

  1. Sumber malware

Apabila pengguna asal klik link apapun bisa mengarah ke materi yang tidak ingin dilihat dan mungkin juga secara otomatis mengunduh file yang telah terinfeksi malware. Selain resiko ini mengancam data atau perangkat komputermu, aktivitas pengguna dapat dimata-matai melalui webcam dan  microphone yang bisa disadap.

Meskipun deepweb dan darkweb tidak selalu identik dengan hal yang negatif namun tindakan mengakses situs tersebut memiliki resiko yang tinggi. Keduanya merupakan situs internet yang tersembunyi yang berbahaya karena risiko mengakses lebih besar daripada manfaatnya. Hal ini menjadi salah satu media yang sangat efektif menyebarkan virus. Tak hanya itu data pengguna dapat bocor ataupun dicuri melalui situs tersebut. Untuk tindakan pencegahan dan penanganan sistem dapat yang diserang, Widya Security dapat membantu menangani dengan cara menganalisis data terhadap serangan siber yang terjadi. Sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan yang mungkin bisa terjadi lagi, dengan menggunakan pemeriksaan kesehatan sistem.