Skip to content

Tips Memilih Password dalam Menjaga Network Security

Menjaga Password

Kehidupan saat ini memiliki kaitan erat dengan internet dan bisa dikatakan internet adalah tulang punggung dari segala kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Semua data dikomunikasikan dan ditransmisikan melalui jaringan internet. Dalam kebutuhan pokok tak khayal kuota internet menjadi salah satu kebutuhan terpenting di saat ini. Karena semua data dikomunikasikan lewat jaringan sebagai jalan lintasannya, maka di jaringan dapat terjadi beberapa macam hal seperti seperti collison data (tabrakan pengiriman data), mengalami hambatan dan termasuk aspek keamanan jaringan.

Keamanan jaringan (Network Security) sendiri memiliki arti istilah yang luas karena mencakup banyak aspek, meliputi aspek teknologi, perangkat dan proses. Keamanan jaringan adalah aturan atau konfigurasi yang dibuat untuk melindungi integritas, kerahasiaan, serta ketersediaan aksesibilitas komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Keamanan disini lebih difokuskan keamanan informasi yang dimiliki di internet. Keamanan jaringan lebih populer berkaitan dengan user name, password, akun. Dalam pembuatan password ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Untuk membantu dalam membuat password yang aman dan sesuai ketentuan perangkat yang dipakai.

Ada beberapa tips cara memilih Password yang kuat, sebagai berikut ini:

  1. Hanya pengguna yang tahu

Pastikan saat membuat password hanya pengguna yang tahu dengan menghindari orang lain meminjam akun tersebut.

  1. Jangan memakai informasi pribadi

Informasi pribadi biasanya berbentuk berupa nama, alamat, nama orang tua, nama panggilan saat kecil, tanggal lahir.

  1. Gunakan password yang panjang

Minimal gunakan 8 digit dimana password yang susah ditebak

  1. Jangan memakai password sama di akun berbeda

Hal ini berbahaya jika ada seseorang yang mengetahui password salah satu akun maka akan mencoba mengakses seluruh akun yang menggunakan password yang sama tadi

  1. Kombinasi

Menggunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital, huruf kecil

  1. Hindari kata di kamus

Jangan menggunakan kata yang mudah ditemukan di kamus karena secara tata bahasa mudah ditebak. Contohnya password admin, qwerty, 12345.

  1. Gabungan Random

Dapat dikatakan password terkuat yaitu berasal dari angka, kata-kata, gabungan huruf random

 

Keamanan jaringan merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan keamanan data yang dimiliki dari sebuah jaringan. Data yang tersimpan di jaringan komputer seharusnya jangan sampai diubah dari orang lain apalagi orang yang tidak berwenang. Karena bermain di dunia maya yang pasti tidak menjamin 100% akan terlindungi dari serangan siber. Menurut, Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng Dosen Prodi Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, keamanan jaringan menjadi kebutuhan untuk menjaga keamanan data kita di internet. Paling mudah dapat dimulai dengan memanage password dan pin yang lebih unik apalagi untuk akun yang berhubungan dengan perangkat komunikasi meskipun tidak memiliki high profile. Karena justru orang awam yang belum sadar akan keamanan data malah menjadi sasaran empuk untuk penyalahgunaan identitas.

Adapun dua tips utama untuk menjaga keamanan data pribadi, yaitu:

  1. Akun Utama

Perlu memiliki catatan akun utama yang dipakai dalam beraktifitas, satu akun email

dan satu nomor hp yang utama untuk dijadikan segala aktivitas.

  1. Backup (cadangan data)

Cara ini sangat membantu saat dibutuhkan recovery data ketika terjadi serangan yang menyebabkan kerusakan atau hilangnya file maupun data yang tersimpan.

 

Salah satu pencegahan akan terjadinya penyalahgunaan data maupun serangan siber pada jaringan dapat dilakukan dengan cara konsultasi ke pihak yang lebih memahami keamanan data. Jangan khawatir, karena kami Widya Security memiliki layanan  konsultasi untuk permasalahan Anda yang tentunya seputar cyber security. Selain itu, kami juga memiliki layanan Penetration Testing, dengan melakukan Penetration Testing secara berkala (6 bulan 1x) menjadi sebuah perencanaan keamanan sistem informasi yang baik. Namun pelaksanaan Penetration Testing ini juga tidak boleh sembarangan, harus dilakukan oleh seorang Pentester yang berpengalaman di bidang Cyber Security. Dan kami Widya Security memiliki personel yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang cyber security, sehingga tidak perlu diragukan lagi. Percayakan keamanan data perusahaan Anda kepada Kami, feel SAFE with us.

 

*dari pelbagai sumber