Skip to content

EHE Itu Apa, Sih? Kamu Harus Tahu Kenapa Harus Punya!

WhatsApp Image 2022-10-20 at 12.34.29 - 9

Hacking vs Ethical Hacking

Ternyata, hacking dan ethical hacking itu dua hal yang serupa tapi tak sama! Kalau kita membacanya secara istilah, hack atau hacking adalah aktivitas menerobos masuk ke dalam sistem tanpa adanya hak akses dari pihak yang berwenang. Meskipun sama-sama mendapatkan hak akses yang tidak sah, namun kita bisa lihat dari tujuan aktor melakukan aktivitas hacking. Hacker sendiri memiliki 5 jenis, yaitu:

  1. Black hat, yaitu seseorang yang melakukan hacking untuk merusak, mengubah, atau mencuri data yang ada secara ilegal, biasanya disebut juga crackers.
  2. White hat, yaitu seseorang yang memanfaatkan skill hackingnya untuk mengidentifikasi kerentanan sistem dan bertujuan untuk pertahanan, dapat disebut juga sebagai security analyst.
  3. Gray hat, yaitu hacker yang berada di antara black hat dan white hat karena memiliki tujuan yang baik namun menggunakan cara ilegal.
  4. Suicide hacker, yaitu seseorang yang merusak infrastruktur sistem untuk tujuan tertentu tanpa merasa khawatir dengan hukuman penjara atau hukuman lainnya.
  5. Script kiddies, seseorang dengan skill hacking yang rendah melakukan hacking menggunakan tools yang dibangun oleh hacker lainnya.

Sedangkan, ethical hacking merujuk pada aktivitas hacking yang bertujuan mengidentifikasi kelemahan pada keamanan sebuah sistem dengan memperhatikan etika. Hacker yang beretika (ethical hacker) biasanya melakukan aksinya hanya atas izin instansi sekaligus pemilik sistem atau bahkan sudah terikat dengan instansi tersebut. Dalam artian, hacker yang beretika harus memanfaatkan segala kemampuan hacking-nya dengan baik dan tidak untuk kejahatan apapun.

 

Mulai karir jadi hacker beretika dengan EHE

Menjadi seorang hacker yang beretika tentu saja membutuhkan pemahaman yang baik mengenai bagaimana sistem komputer bekerja dan apa yang harus dilakukan ketika sistem itu terdeteksi adanya celah keamanan. Akan tetapi, setiap perjalanan karir di bidang cyber security harus dimulai dari pemahaman dasar tentang hacking dan keamanan sistem komputer! Bagaimana caranya? Nah, kamu bisa mulai dengan mendapatkan sertifikasi EHE (Ethical Hacking Essentials)!

EHE adalah program sertifikasi IT security yang dimiliki oleh EC-Council.  Dengan EHE, kamu bisa mengembangkan skill dasar mengenai konsep dasar keamanan informasi, hacking yang beretika, dan pentest (penetration testing). Selain itu, dengan EHE kamu bisa mendapatkan wawasan tentang serangan yang melibatkan keamanan informasi, seperti malware, SQL injection, social engineering, dll. Kamu juga bisa memantapkan skill hacking kamu lebih dalam setelahnya dengan mengambil sertifikasi CEH (Certified Ethical Hacking). Sehingga, skill yang kamu kembangkan akan jadi jauh lebih terstruktur ketika semua pondasinya sudah kamu bentuk dengan baik.

Oh, ya! Kamu bisa ambil sertifikasi EHE di Widya Security, loh! Karena Widya Security hadir untuk kamu yang ingin mengembangkan skill teknis dan non-teknis di bidang cyber security. Selain EHE, kamu bisa mengambil sertifikasi cyber security lainnya. Widya Security sudah resmi menjadi ATC (Accredited Training Center) oleh EC-Council dan kami juga memiliki tim yang berpengalaman di bidang cyber security selama lebih dari 10 tahun. Jadi, jangan ragu untuk memulai karir cyber security kamu bersama Widya Security! Kamu bisa hubungi Widya Security melalui email [email protected] atau nomor telepon (0274)5025965. Feel SAFE With Us!