Skip to content

Disinformation-as-a-Service (DaaS), Bakalan Jadi Serangan Cyber Besar Selanjutnya?

Disinformation-as-a-Service (DaaS), Bakalan Jadi Serangan Cyber Besar Selanjutnya?

DaaS memiliki konsep yang sama dengan penyedia layanan pada umumnya?

Penyebaran informasi palsu atau hoax sudah menjadi serangan cyber yang tidak bisa dihindari lagi di dunia maya. Siapapun bisa menjadi target kejahatan, atau bahkan menjadi pelaku penyebaran informasi palsu itu sendiri. Tetapi, ada yang berbeda dengan kejahatan Disinformation-as-a-Service (DaaS) ini. Hmm, apakah DaaS memiliki kesamaan cara kerja dengan Software-as-a-Service (SaaS) atau Platform-as-a-Service (PaaS)?

 

Seperti namanya, disinformasi, yang berarti sebuah informasi yang palsu. Tetapi, DaaS digunakan sebagai senjata utama untuk menjatuhkan suatu individu, politik, bahkan organisasi dan perusahaan tertentu. DaaS ini merupakan salah satu model cyber warfare dimana DaaS berperan sebagai penyedia layanan berita palsu dan siapapun bisa membeli informasi tersebut kemudian menyebarkannya. Berita palsu yang dibuat pun dapat menargetkan ekosistem dan sektor manapun melalui situs web, media sosial, bahkan rekaman video yang dimanipulasi.

 

Kalau perusahaan kita terkena DaaS, apa yang akan terjadi?

Biasanya, DaaS memiliki beberapa ekosistem yang digunakan untuk penyebaran informasi palsu, seperti:

  1. Situs berita sebagai media penyebaran berita palsu yang digunakan untuk menyesatkan masyarakat dunia maya.
  2. Akun-akun bot yang biasanya bermunculan di platform media sosial untuk menyebarkan informasi palsu.
  3. Influencer, dengan memanfaatkan pengguna-pengguna media sosial yang memiliki banyak pengikut untuk menggiring opini dan menyebarkan informasi palsu.

Dampak yang diterima oleh pihak yang ditargetkan pun tidak kalah mengerikannya, karena:

  1. Penurunan reputasi karena informasi palsu yang disebarkan.
  2. Kerugian finansial akibat dari berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pihak korban.
  3. Mengganggu operasional pihak yang ditargetkan karena hilangnya produktivitas dan pendapatan
  4. Pihak korban dapat diminta pertanggungjawaban atas tindakan yang dilakukan berdasarkan informasi yang disebarkan.

 

Tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjerat kejahatan DaaS!

Kita memang tidak bisa menghilangan serangan DaaS karena tidak adanya pengetahuan dari pihak yang ditargetkan atas informasi palsu yang disebar. Tetapi perusahaan atau organisasi tidak boleh sampai lengah dan menunggu serangan ini menyebar sampai ke khalayak publik. Beberapa diantaranya yaitu dengan melakukan evaluasi risiko dan cyber attack recovery plan untuk mengidentifikasi, menghapus, mencegah serangan DaaS dan disinformasi dalam bentuk apapun.

 

Selain itu, pengetahuan terhadap cyber security awareness terhadap karyawan juga perlu ditingkatkan demi menjaga keamanan data perusahaan dari serangan DaaS dan serangan cyber lainnya. Bersama Widya Security, kamu bisa meningkatkan skill cyber security dalam hal teknis maupun non-teknis dengan layanan Cyber Security Training. Tidak perlu diragukan lagi, Widya Security memiliki tim yang berpengalaman di bidang cyber security selama lebih dari 10 tahun, dan sudah bersertifikasi internasional! Jadi, jangan ragu untuk tingkatkan skill cyber security di Widya Security! Kamu bisa hubungi Widya Security melalui email [email protected] atau nomor telepon (0274)5025965. Feel SAFE With Us!