Skip to content

Penetration Testing: Berapa Harga Pentest di Indonesia?

biaya penetration testing untuk keamanan data perusahaan

Pentest merupakan salah satu alat penting dalam menjaga keamanan cyber perusahaan agar terlindung dari serangan cyber. Namun, biaya pentest tidak selalu sama untuk setiap perusahaan. Berbagai faktor pun dapat mempengaruhi total biaya yang harus dikeluarkan. Umumnya, harga pentest di Indonesia berkisar Rp20 juta hingga Rp100 juta, tergantung pada kebutuhan perusahaan dan berapa titik yang diuji. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh sektor industri memerlukan pentest.

Oleh karena itu, Widya security hadir dengan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) yang membantu perusahaan Anda dalam melindungi keamanan data perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pentest bagi perusahaan. Memiliki pemahaman yang lebih baik dapat membantu perusahaan mengelola investasi keamanan cyber mereka secara lebih efektif. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan bahwa sistem dan data mereka tetap aman dalam menghadapi ancaman cyber yang semakin kompleks dan berkembang.

Harga Pentest di Perusahaan: Apa Saja Faktornya?

Ukuran dan Kompleksitas Sistem

Ukuran dan kompleksitas sistem teknologi informasi perusahaan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi biaya pentest. Semakin besar dan celah keamanan sistem tersebut, semakin banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan uji pentest. Ini mencakup jumlah sistem, jaringan, aplikasi, dan perangkat yang harus diuji.

Jumlah Titik Pentest

Pentest melibatkan pengujian berbagai titik termasuk titik yang potensial dalam sistem. Jumlah titik yang diuji, seperti port dan protokol yang mungkin digunakan oleh penyerang, akan mempengaruhi biaya pentest. Semakin banyak titik uji, semakin banyak waktu dan usaha yang diperlukan.

Metode Pengujian yang Digunakan

Ada berbagai metode uji pentest, mulai dari pengujian berbasis perangkat lunak hingga pengujian fisik. Biaya akan bervariasi tergantung pada metode yang dipilih. Uji pentest eksternal yang melibatkan perusahaan pihak ketiga mungkin memiliki biaya lebih tinggi daripada pengujian penetrasi internal. Perusahaan dapat menggunakan jasa pentest dari pihak luar jika perusahaan belum bisa melakukan pentest secara menyeluruh.

Frekuensi Pengujian

Beberapa perusahaan memilih untuk melakukan pentest secara berkala, seperti bulanan atau tahunan. Terdapat perusahaan yang hanya melakukannya sekali dan dilakukan jika perusahaan telah terkena serangan cyber. Frekuensi pengujian dapat mempengaruhi biaya pentest. Uji pentest yang rutin mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi dalam jangka panjang, namun dapat membantu mengidentifikasi kerentanan sebelum mereka dieksploitasi.

Tim Internal atau Layanan Eksternal

Selain itu, menggunakan tim internal untuk melaksanakan pentest mungkin memiliki biaya yang lebih rendah daripada mengontrak penyedia layanan eksternal. Namun, tim internal mungkin memerlukan pelatihan dan peralatan tambahan, yang dapat mengakibatkan biaya tambahan. Perusahaan dapat memilih jasa penyedia layanan pentest untuk membantu perusahaan dalam melindungi data dan informasi perusahaan.

Waktu dan Sumber Daya Internal

Pentest memerlukan waktu dan sumber daya dari tim internal perusahaan. Hal ini mencakup waktu dari anggota tim dan departemen yang terlibat. Biaya tersebut juga mencakup waktu yang dihabiskan untuk perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil pengujian.

Biaya Perbaikan dan Pemantauan

Hasil dari uji pentest seringkali memunculkan temuan yang memerlukan perbaikan dan pemantauan lebih lanjut. Biaya ini termasuk biaya untuk mengatasi dan mengurangi kerentanan yang ditemukan selama pengujian. Setiap perusahaan memiliki daftar harga pentest menyesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari perusahaan.

Dengan demikian, biaya yang dibutuhkan untuk pentest tidak selalu berupa angka tetap. Namun, penting untuk memahami bahwa biaya pentest merupakan investasi dalam keamanan cyber perusahaan. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat membuat keputusan yang bijak mengenai berapa biaya yang dialokasikan untuk menjaga keamanan data mereka. 

Ayo Pentest Sistem Anda di Widya Security!

Berdasarkan hal tersebut, Widya security hadir sebagai perusahaan cyber security yang menyediakan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) yang berlokasi di Jogja. Widya Security menyediakan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT). Widya Security dapat meningkatkan keamanan dengan penetration testing berbasis aplikasi mobile, website, server, dan jaringan. Kunjungi widyasecurity.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau diskusi langsung melalui WhatsApp di sini.

Whatsapp