Mengungkap 10 Kerentanan Teknologi API - Widya Security Skip to content

Mengungkap 10 Kerentanan Teknologi API

Mengungkap 10 Kerentanan Teknologi API

API, Evolusi Terbaru dalam Interaksi Digital

API, atau Application Programming Interfaces, merupakan kumpulan aturan dan protokol yang memungkinkan memungkinkan berbagai aplikasi perangkat lunak berkomunikasi, menyederhanakan operasi, dan menciptakan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih dinamis. Umumnya, API digunakan untuk mengintegrasikan berbagai sistem dan memungkinkan pertukaran data dan fungsi antara aplikasi yang berbeda. Ini membuat pengembangan aplikasi lebih efisien karena pengembang dapat memanfaatkan fungsi yang sudah ada dalam aplikasi lain tanpa perlu membangun semuanya dari awal.

Dalam dunia IoT (Internet of Things), API menjadi kunci utama karena itulah yang membuat perangkat IoT dapat menggunakan internet untuk berkomunikasi dan melakukan operasi yang ditugaskan secara efisien. Namun, IoT membutuhkan keamanan cyber yang kuat agar pemanfaatan API lebih optimal. Selengkapnya dapat Anda baca di artikel Widya Security “Keamanan Siber Dalam Internet of Things” di sini.

 

Perusahaan Perlu Mulai Mengkhawatirkan Keamanan API

Bagi stakeholder perusahaan, baik UMKM maupun perusahaan besar, ketika Anda mulai mengintegrasikan API ke dalam sistem, penting untuk memahami kerentanannya. Menurut EC-Council, sebuah lembaga sertifikasi cyber security terbesar dan terkemuka, kerentanan keamanan API dapat menjadi sumber masalah serius dalam lingkungan IT perusahaan. EC-Council mengidentifikasi beberapa kerentanan terkait dengan API.

Kerentanan Keamanan pada API Menurut Lembaga EC-Council

Akses yang Tidak Terautentikasi (Unauthorized Access)

API yang tidak memiliki proses otentikasi yang kuat dapat memberikan akses kepada siapa saja tanpa memverifikasi identitas atau hak akses. Ini berarti bahwa orang yang tidak berwenang dapat dengan mudah mengakses data yang seharusnya tidak mereka lihat.

Ketidakamanan Pengiriman Data (Unencrypted Data Transmission)

Ketika data dikirim melalui API tanpa enkripsi yang memadai (misalnya, menggunakan protokol HTTPS), data tersebut dapat dengan mudah dicuri oleh pihak yang tidak sah saat dalam perjalanan melalui jaringan. Data sensitif yang tidak dienkripsi dapat dengan cepat dieksploitasi.

Paparan Struktur Data (Data Exposure)

Beberapa API yang tidak aman dapat memberikan informasi tentang struktur data internal, yang dapat membantu penyerang memahami bagaimana sistem bekerja dan mengidentifikasi potensi celah keamanan.

Kurangnya Pengawasan dan Pemantauan

Ketika perusahaan tidak memiliki alat pemantauan atau audit yang memantau aktivitas API dengan cermat, serangan dapat berlangsung tanpa terdeteksi.

 

Best Practice Meningkatkan Keamanan API untuk Perusahaan

Pelatihan dan Kesadaran Tim Pengembangan

Berikan Pelatihan Cyber Security kepada tim pengembangan dan pengguna API. Tingkatkan kesadaran staff tentang risiko keamanan dan praktik terbaik.

Autentikasi dan Otorisasi Ketat

Gunakan mekanisme otentikasi yang kuat seperti OAuth 2.0 atau JSON Web Tokens (JWT). Hal ini bertujuan memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang memiliki akses ke API sesuai dengan perannya. Selain itu, terapkan kebijakan otentikasi ganda (multi-factor authentication) jika memungkinkan.

Gunakan Enkripsi Data

Gunakan protokol enkripsi seperti HTTPS (SSL/TLS) untuk melindungi data yang dikirimkan antara klien dan server API. Tujuannya agar data tidak dapat dengan mudah dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Audit & Pemantauan Kerentanan Sistem Secara Rutin

Gunakan alat untuk mendeteksi kerentanan dalam API Anda dan pantau aktivitas yang mencurigakan. Jika Anda menggunakan layanan atau pihak ketiga, pastikan bahwa mereka juga mematuhi praktik terbaik keamanan API dan memiliki langkah-langkah yang kuat untuk melindungi data perusahaan Anda. 

 

Meningkatkan Cyber Security di Perusahaan? Widya Security Adalah Solusinya!

Widya Security merekomendasikan pentingnya melindungi API dengan cara yang memadai. Selain itu, penting untuk memiliki pengawasan dan pemantauan yang efektif untuk mendeteksi dan merespons ancaman keamanan dengan cepat. Pelatihan Cyber Security: Red Team yang ditawarkan oleh Widya Security juga membekali profesional dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan keamanan API. Selengkapnya, silakan hubungi via email hi@widyasecurity.com atau WhatsApp +62 813-9038-1654.

Whatsapp