Rootkit: Pengertian, Jenis, dan Dampaknya • Widya Security Skip to content

Rootkit: Pengertian, Jenis, dan Dampaknya

apa itu rootkit?

Perkembangan serangan siber mulai semakin kompleks di tengah kemajuan digitalisasi. Salah satu ancaman paling kompleks dan sulit dideteksi adalah rootkit. Meskipun istilah ini mungkin belum begitu familiar bagi sebagian orang, dampaknya dapat sangat merugikan dan berpotensi menyebabkan berbagai kerugian besar. Rootkit adalah jenis malware yang dirancang untuk menyembunyikan dirinya sendiri dan aktivitas berbahaya lainnya dari sistem dan perangkat lunak komputer. Serangan ini perlu perhatian lebih karena kemampuannya yang dapat merusak sistem dan menyebabkan berbagai kerugian seperti kerugian finansial hingga kerugian reputasi

Apa itu Rootkit?

Rootkit adalah jenis malware yang sangat sulit ditemukan karena kemampuannya untuk menyembunyikan diri dan menyamarkan aktivitas berbahaya-nya. Cara kerjanya berupa mengubah bagian perangkat lunak yang sedang berjalan. Akibatnya keberadaan dan aktivitasnya tidak bisa terlihat oleh pengguna maupun perangkat lunak yang sedang dieksploitasi.

Dengan kemampuan untuk menginfeksi berbagai lapisan sistem, mulai dari aplikasi pengguna hingga firmware perangkat keras, serangan ini memberikan akses tak terbatas kepada penyerang untuk mengontrol dan merusak sistem milik korban.

Inilah 5 Jenis Rootkit yang Wajib Diketahui

Kernel Rootkit

Komponen kernel disini bertanggung jawab untuk mengelola operasi dasar sistem seperti manajemen memori, penjadwalan proses, hingga komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak. Kernel berfungsi sebagai pusat kendali dari semua aktivitas di sistem, sehingga rootkit yang berhasil menyusup ke level ini memiliki kekuatan dan kontrol yang luar biasa.

Bootkit

Jenis ini menyerang proses booting dari sistem operasi. Proses booting adalah langkah awal ketika komputer dinyalakan, di mana sistem operasi dimuat ke dalam memori dan mulai menjalankan aktivitasnya. Bootkit akan menginfeksi dan mengontrol proses booting ini dengan tujuan untuk mendapatkan akses tak terbatas ke sistem.

Hypervisor rootkit

Ini adalah jenis rootkit yang  menjalankan sistem operasi di atas hypervisor yang tidak terlihat. Akibatnya, serangan ini dapat mengendalikan sistem operasi tanpa terdeteksi karena mereka bekerja di bawah lapisan virtualisasi.

Firmware rootkit 

Rootkit ini dapat menginfeksi firmware dari perangkat keras, seperti BIOS atau UEFI. Jenis ini sangat sulit dideteksi dan dihapus karena mereka berjalan di bawah sistem dan dapat tetap ada bahkan setelah hard drive dihapus atau sistem operasi diinstal ulang.

Application Rootkit

Ini adalah jenis yang memiliki kemampuan untuk mengubah fungsi dari aplikasi yang terinstal di komputer, menggunakan file rootkit yang dikirimkan oleh penyerang. Biasanya sering terjadi ketika pengguna tidak sengaja menginstal aplikasi melalui situs ilegal.

Dampak Serangan Rootkit

Kerusakan Sistem

Berpotensi menyebabkan kerusakan sistem karena serangan ini dapat mengubah atau menghapus data – data penting. Kerusakan sistem dapat  mengganggu kegiatan operasional perusahaan, yang mengakibatkan potensi kegagalan sistem yang serius. Jika tidak ditangani dengan cepat, kerusakan sistem ini dapat menyebar lebih luas sehingga akan menambah kerugian bagi perusahaan.

Kebocoran Data

Memiliki risiko kebocoran data karena memiliki kemampuan untuk menyamar untuk dan mengakses informasi sensitif tanpa sepengetahuan pengguna atau perangkat lunak milik korban. Kebocoran data dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan pelanggan maupun klien karena perusahaan dianggap tidak berkompeten dalam melindungi sistem mereka.

Kerugian Finansial

Kemudian, akibat yang paling krusial adalah kerugian finansial. Ini karena serangan ini dapat menyebabkan berbagai dampak mulai dari kebocoran data hingga kerusakan sistem. Pemulihan akibat serangan ini cukup mahal karena melibatkan biaya untuk mengembalikan data yang hilang, memperbaiki atau mengganti perangkat keras yang rusak, dan menyediakan sumber daya tambahan untuk memulihkan keamanan sistem yang terganggu.

Melihat dampak serangan rootkit yang sangat luar biasa, Widya Security ingin membantu untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini serangan rootkit dengan layanan penetration testing. Didukung dengan oleh tim ahli yang berpengalaman, Widya Security hadir sebagai solusi yang dapat diandalkan dalam menjaga keamanan sistem dan data perusahaan. Segera hubungi Widya Security untuk berdiskusi secara personal dengan tim kami mengenai layanan kami melalui pesan WhatsApp

Artikel Terbaru

Whatsapp