Skip to content

Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Game Online

Game Online

Industri gaming telah membuktikan perkembangan teknologi yang semakin signifikan, terlebih semenjak terjadinya pandemi COVID-19 dunia game telah menjadi salah satu aktivitas kegemaran masyarakat dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Jumlah pemain baru terus meningkat hingga saat ini, dan nilai industri game dikatakan hingga mencapai $175,5 miliar pada akhir tahun 2021.

Mengapa cyber security penting untuk dunia game online

Ancaman cyber attack yang terjadi pun bukan menjadi suatu hal yang bisa dianggap remeh. Sebuah lembaga telah mendeteksi cyber attack terkait game meningkat secara drastis pada kuartal 2 tahun 2020 sekitar 1,48 juta. Namun, pada tahun 2021 ini jumlah serangan menurun menjadi 636.904 serangan pada kuartal 2 tahun 2021.

Berikut ini serangan cyber yang kerap terjadi pada industri game online.

Malware

Serangan yang terjadi diketahui berupa malware yang menyamar sebagai sebuah software game, dan telah menyamar pada 24 game PC dan 10 game mobile paling populer pada tahun 2021.

Kebiasaan buruk yang berujung kebocoran data (data breaches)

Kebiasaan gamers yang suka menggunakan password yang sama pada banyak akun game juga perlu diwaspadai, karena lebih rentan menjadi korban serangan oleh cracker.

Padahal data didalamnya telah mencakup data rahasia pengguna, seperti alamat email, nomor telepon, rekening, dan banyak game yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi pada akun sosial media. Akibat yang mungkin akan terjadi adalah kebocoran data pengguna, pencurian akun untuk disalahgunakan, atau pebobolan rekening pengguna.

Tips menjaga keamanan cyber di dunia game online

Antivirus

Dengan memasang antivirus pada PC, tidak hanya menjaga keamanan sistem saat kamu mengunduh game atau mods, namun berlaku untuk semua file yang kamu unduh. Antivirus menjaga device-mu dari serangan virus, trojan, spyware, dan ransomware.

2FA (1-Factor authetication)

Metode ini dapat mencegah orang lain mengakses akun yang bukan miliknya secara bebas, karena setiap melakukan login kamu harus melakukan konfirmasi melalui alamat email maupun nomor telepon yang kamu hubungkan.

Gunakan password berbeda

Hal ini dapat mencegah penyerang mengakses akunmu yang lainn. Selain itu, sebaiknya gunakan password yang tidak mudah ditebak dan sifatnya strong (kuat). Mengkombinasikan metode ini dan 2FA akan lebih efektif untuk melindungi akunmu dari pembobolan oleh cracker.

Tingkatkan kewaspadaan terhadap phising dan social engineering

Sulit untuk membedakan apakah informasi itu phising atau bukan. Tetapi perlu diingat bahwa semua link memiliki potensi membawamu menuju website phising. Jadi tetap berhati-hati terhadap link atau informasi yang didapat bukan dari pihak resminya.

Sudah terlanjur jadi korban cyber attack?

Konsultasikan permasalahanmu di Widya Security, kami menyediakan layanan konsultasi keamanan di dunia maya, dan kami melakukan analisis terhadap serangan cyber yang terjadi. Jangan lupa kunjungi website https://widyasecurity.com untuk informasi lebih lanjut.

Sumber : dari pelbagai sumber