Skip to content

Susah Gak Sih Berkarir di Bidang Cyber Security?

photo_2022-10-04_16-35-25 - 7

Kemajuan teknologi dan transformasi digital

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan pada proses kehidupan manusia, baik kehidupan sehari-hari sampai pada tingkat pencapaian kepuasan pribadi dan sosial. Era ini disebut juga transformasi digital. Transformasi digital sudah meluas ke berbagai sektor, seperti teknologi pertanian, teknologi industri, teknologi informasi, dan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan ini membawa dampak yang signifikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga masing-masing individu tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Tentu saja, dengan adanya transformasi digital membuat hampir seluruh sektor menyimpan data-datanya menggunakan teknologi cloud serta menggunakan jaringan internet di seluruh perangkat elektroniknya. Ini artinya, peran keamanan siber atau cyber security akan sangat dibutuhkan. Mengapa? Karena cyber security merupakan sebuah tindakan yang berfokus untuk melindungi perangkat komputer dan jaringan yang ada di dalamnya dari serangan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

 

Susahnya berkarir di cyber security

Seperti halnya spesialisasi IT lainnya, cyber security memerlukan keahlian teknis yang mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita yang pertama kali terjun di bidang ini. Jadi, wajar kalau kita merasa kesulitan atau kebingungan ketika memulai mempelajari keahlian ini. Tapi tidak perlu khawatir, karena cyber security sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Meskipun demikian, ada beberapa aspek tertentu yang menjadi tantangan yang akan selalu dihadapi, diantaranya:

  1. Tidak kuatnya fundamental di bidang komputerisasi dan jaringan sehingga memperlambat proses pembelajaran cyber security
  2. Mempelajari banyak tools. Ini karena cyber security berkaitan erat dengan perlindungan dari serangan cyber, kita harus terbiasa dengan berbagai tools cyber security yang kompleks, baik dari software maupun hardware.
  3. Jangan pernah berhenti upgrade skill, karena teknik serangan siber akan terus berkembang selaras dengan perkembangan teknologi dimana mengharuskan kita memperbaharui pengetahuan serta tools yang digunakan.
  4. Teknologi yang akan terus mengalami perkembangan dan terus berubah. Kalau kita hanya berpatokan dengan praktek yang ada sekarang. Sangat mungkin teknik, taktik dan prosedur serangan yang kita kuasai saat ini justru menjadi tidak efektif di masa yang akan datang.

 

Roadmap karir cyber security

Bagi kamu yang ingin meniti karir di bidang cyber security, kamu harus tahu bahwa ada sebuah proses yang bisa kamu tempuh sampai akhirnya menjadi cyber security expert. Berdasarkan lembaga sertifikasi cyber security terbesar, yaitu EC-Council, jenjang karir cyber security terbagi menjadi beberapa tahapan dan sertifikasi yang harus dimiliki, diantaranya:

Sumber: EC-Council
Sumber: EC-Council

 

Untuk memulai karir di bidang ini, kita dapat mempelajari dasar-dasar atau fundamental yang akan melandasi pengetahuan kita ke tingkat selanjutnya. Tapi, sebelum kamu terjun ke dunia cyber security, luangkan waktu untuk mengembangkan skill dasar cyber security, termasuk pemrograman, administrasi jaringan dan sistem, dan komputasi awan(cloud). Meskipun kamu tidak perlu memiliki latar belakang cyber security untuk menjadi seorang cyber security expert, tapi kamu perlu mengambil beberapa bentuk pelatihan dan sertifikasi untuk menunjang keahlian dan meningkatkan peluang kerja sampai ke luar negeri.

Bersama Widya Security, kamu dapat mengembangkan skill cyber security dan membuka peluang kerja lebih besar dengan mengikuti Cyber Security Certification! Widya Security sudah dinyatakan sebagai ATC (Accredited Training Center) oleh lembaga EC-Council, loh! Di sini, kamu bisa mengambil sertifikasi cyber security yang paling populer yaitu CEH (Certified Ethical Hacker) atau bahkan CHFI (Certified Secure Computer User)! Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Widya Security melalui email [email protected] atau nomor telepon (0274) 5025965. Keamanan datamu adalah tugas kita, so Feel SAFE With Us!

 

*diambil dari pelbagai sumber