Cara Mengamankan Gadget Anda dari Serangan Hacker • Widya Security Skip to content

Cara Mengamankan Gadget Anda dari Serangan Hacker

2703

Saat ini gadget menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, tak dapat dipungkiri hampir separuh waktu orang-orang selalu melibatkan gadget dalam setiap aktivitasnya. Namun, pada perkembangan teknologi di era ini ancaman terkait keamanan gadget pun meningkat.

Salah satu ancaman yang serius muncul dari sistem cyber crime yang meliputi hacking, cracking, cyber sabotage, cyber attack, carding, dan spyware yang dilakukan oleh individu yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu simak cara mengamankan gadget Anda dari serangan Hacker dengan langkah berikut ini.

Pastikan selalu mengupdate operating system (OS) gadget

Kita sering menyepelekan mengenai pembaruan OS pada gadget. Dari situ tanpa kita sadari pembaruan ini sangatlah penting bagi gadget itu sendiri. Operating System (OS) adalah sebuah program kontrol yang berfungsi untuk menjalankan program-program lain yang ada pada perangkat gadget. Simpelnya, OS adalah otak dari semua mesin yang ada pada komponen gadget.

Dengan kondisi OS yang selalu update otomatis keseluruhan dari sistem gadget akan terorganisir dengan jelas dan pemantauan terkait kinerja gadget pun dapat diukur, sehingga resiko keamanan dapat lebih diantisipasi dengan baik oleh sistem.

Hindari instal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya

Dalam bermain gadget tentunya kita ingin menggunakan beragam aplikasi, seringkali aplikasi resmi pun tidak tersedia di platform terpercaya seperti PlayStore dan lainnya, saat itu kita berinisiatif mengunduh aplikasi yang kita inginkan pada sebuah situs web.

Namun, pada kenyataannya tidak semua situs web itu aman, banyak cara scamming dengan kedok mengunduh aplikasi resmi. Dengan mengunduh salah satu aplikasi dari situs yang tidak terpercaya, ada resiko Hacker menanamkan virus atau malware pada aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, hindarilah menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

Waspada terhadap link phising

Pada saat ini persebaran link phising sudah sangat luas, yang terbaru link phising disebarkan melalui aplikasi WhatsApp dengan seolah-olah sender mengirim undangan digital kepada korban dengan format apk. 

Ketika undangan tersebut selesai diunduh, maka korban diarahkan untuk menginstal undangan tersebut, saat undangan itu sudah terinstal maka undangan tersebut berubah menjadi aplikasi. Setelah menjadi aplikasi, lalu undangan tersebut meminta akses untuk membaca, menerima, dan mengirim pesan.

Jika semua langkah tersebut diizinkan aksesnya, maka Hacker dapat mengakses riwayat atau informasi terkait M-banking milik korban. Dari situ, Hacker akan melakukan transaksi tanpa sepengetahuan korban dan menguras habis semua isi rekening korban.

Phising juga tersebar di media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram, dengan bentuk link yang jika diklik, maka korban harus menginput username dan password dari akun tertentu. Pastikan Anda selalu berhati-hati dalam bermedia sosial dan hindari link atau file yang mencurigakan.

Hindari pemakaian WiFi publik

WiFi publik banyak tersebar pada saat ini guna dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang membutuhkan pada saat kondisi tertentu. Selain untuk menghemat data, WiFi publik juga dimanfaatkan untuk menarik pengunjung atau semacamnya. 

Celah ini banyak dimanfaatkan oleh para Hacker untuk masuk dan mengacak-acak data dari pengguna WiFi publik tersebut. Dengan melihat aktivitas dari korban, Hacker akan mencatat informasi-informasi penting dari dalam isi gadget korban.

Jangan menyimpan password pada situs web

Dengan menyimpan username dan password pada situs web mungkin akan sangat membantu, apalagi bagi orang yang malas untuk mengetikan ulang username dan passwordnya jika ingin melakukan aktivitas login pada sebuah situs web. 

Alangkah baiknya, jangan menyimpan username dan password pada situs web. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan password Anda dari serangan Hacker yang sewaktu-waktu dapat menemukan celahnya.

Simpanlah username dan password Anda pada notes atau memo pribadi, seperti Dashlane, Keeper, dan Bitwarden. Lebih baik lagi jika Anda menyimpan username dan password pada buku memo, karena buku memo berbentuk fisik yang otomatis tidak terhubung langsung dengan perangkat gadget Anda, maka keamanan username dan password Anda pun akan terjamin.

Manfaatkan sistem keamanan bawaan

Sistem keamanan bawaan dapat membantu untuk menjaga informasi pribadi Anda, dengan memanfaatkan sistem keamanan bawaan seperti PIN, pemindai wajah, pola, dan sidik jari untuk setiap aplikasi penting seperti M-banking dan media sosial. Hal ini mampu menjaga kerahasiaan data-data pribadi Anda dari Hacker yang tidak bertanggung jawab.

Itulah beberapa cara untuk mengamankan gadget Anda dari serangan Hacker di era saat ini. Walaupun cara-cara di atas dapat mencegah Anda dari serangan hacker, tetapi itu hanya mengurangi risikonya saja. Anda, sebagai pemilik gadget, tetap harus waspada akan ancaman-ancaman yang mungkin akan datang kepada kita suatu saat.

Ditulis Oleh: Widi Setiawan

Artikel Terbaru

Whatsapp