Mengenal Botnet, Variasi Baru dari Cyber Attack • Widya Security Skip to content

Mengenal Botnet, Variasi Baru dari Cyber Attack

serangan botnet

Botnet adalah sebuah bentuk malware yang terdiri dari beberapa perangkat. Botnet sendiri adalah sebuah singkatan dari “robot network” dimana dalam pengoperasian virusnya mengandalkan beberapa perangkat komputer yang terinfeksi virus, dimana setiap komputer-komputer tersebut sudah terinfeksi dan mengandung malware atau virus di dalamnya. Serangan ini tentunya dikendalikan atau dioperasikan oleh hacker tentunya dengan maksud dan tujuan peretasan yang lebih tinggi lagi resikonya.

Mengingat, perangkat yang terhubung dalam proses peretasan ini terdiri dari beberapa komputer. Seperangkat botnet dapat terdiri dari ratusan bahkan ribuan komputer di dalamnya, bahkan tanpa sepengetahuan pemiliknya pun, komputer tersebut sudah terinfeksi malware dan virus. Variasi serangan dari botnet tentu sangatlah beragam. Namun, yang paling terkenal adalah DDoS attack

Cara Kerja Botnet

Cara kerja botnet dari tahap awal mungkin memakan waktu yang lumayan sampai bisa menginfeksi ribuan perangkat komputer. Adapun tahapan kerja botnet adalah:

  1. Preparation phase 

Pada permulaan hacker akan mencoba meretas situs web atau komputer tertentu untuk disusupi oleh malware. Apabila situs atau komputer sudah terindikasi oleh malware maka selanjutnya akan masuk dalam tahap infeksi 

  1. Infection phase

Jika sudah masuk dalam tahap infeksi, hacker biasanya akan memulai untuk mengambil alih kontrol pengguna terhadap situs web atau komputer. Akses dan kontrol yang didapatkan hacker akan mulai mengoperasikan social engineering untuk memasukkan atau mendownload virus Trojan.

  1. Activation phase

Pada tahap ini hacker juga mendapatkan kontol terhadap situs web atau perangkat komputer yang berhasil ditembus menggunakan malware pertama. Lalu dengan kontrol penuh tersebut, hacker akan menciptakan botmaster guna untuk mengendalikan bot-bot yang sudah tersebar dari jauh. Botmaster bisa menginfeksi situs web atau komputer aktif sekaligus dapat memperkuat bot virus tersebut.

Cara Menangani  Botnet

Dalam hal ini konsep untuk menangani botnet sama dengan menangani virus-virus yang lain, antara lain:

  1. Update password secara berkala

Dengan melakukan update secara berkala pada kata sandi bukan Botnet saja yang akan berhasil ditangani. Namun, beragam virus lain yang akan masuk dan menggunakan perangkat komputer anda akan dapat dicegah penyerangan nya.

  1. Optimalisasi antivirus

Sebuah antivirus dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan cyber attack yang ada, antivirus akan bekerja secara mandiri dalam menjaga keamanan cyber perangkat komputer anda.

  1. Hindari web dengan keamanannya yang rendah

Banyak situs web yang tersebar di dunia maya memiliki tingkat keamanan yang rendah, karena pemasukan terbesar dari web tersebut salah satunya adalah dari iklan. Tidak ada iklan yang menjamin bahwa iklan tersebut tidak terindikasi atau terinfeksi oleh virus maupun malware. Justru pada saat ini, iklan menjadi media yang rentan untuk disusupi virus dan malware. Maka dari itu hindarilah situs web yang tidak memiliki keamanan yang kuat.

  1. Selalu waspada dengan link phising

Kita tentunya dalam berselancar di dunia maya jutsru sering sekali menemukan link-link yang mencurigakan yang tersebar bisa pada situs web ataupun kolom komentar social media. Hindarilah klik link yang tidak jelas alamatnya demi menghindari perangkat kita terinfeksi oleh virus dan malware.

Kesimpulan

Penyebaran botnet saat ini sangat massive dan cepat. Hal ini terjadi karena proses kerja dari botnet tersebut yang cenderung meng-cloning diri secara otomatis kepada virus yang disebar sekaligus memperkuat bot. Maka dari itu, mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengoperasikan komputer sekaligus menjadi lebih waspada saat berselancar di media sosial.

Artikel Terbaru

Whatsapp