Advanced Persistent Threat (APT): Kejahatan Data Masa Depan • Widya Security Skip to content

Advanced Persistent Threat (APT): Kejahatan Data Masa Depan

Advanced Persistent Threat (APT) adalah

Di era digital yang kian berkembang pesat, dimana teknologi membuka peluang tanpa batas, ironisnya, bahaya kejahatan siber pun ikut mengintai. Di balik gemerlapnya kemajuan, ancaman siber menjelma menjadi monster yang semakin beragam dan kompleks, siap menerkam data dan privasi anda. Salah satu bentuk kejahatan cyber yaitu Advanced Persistent Threat (APT), apa itu APT? bagaimana cara mengatasinya?? 

Mengenal Monster Advanced Persistent Threat (APT)

Advanced Persistent Threat atau APT adalah jenis kejahatan cyber yang genting dan terkoordinasi, berlangsung dalam jangka waktu yang panjang karena upayanya untuk tidak terdeteksi. Ancaman ini mengincar organisasi besar yang memiliki data atau nilai tinggi, seperti pemerintahan, lembaga keuangan, dan individu atau entitas yang menyimpan informasi sensitif. Pelaku kejahatan ini sering kali memiliki sumber daya yang besar dan kemampuan teknis yang tinggi. Ciri-ciri serangan APT termasuk peningkatan lalu lintas jaringan, perubahan kinerja sistem, log keamanan mencurigakan, dan kesulitan mendeteksi perangkat lunak keamanan. Berikut penjelasan untuk lebih mengetahui serangan APT : 

Karakteristik Serangan Advanced Persistent Threat (APT)

  1. Terjadinya peningkatan lalu lintas jaringan yang tidak biasa : terutama ketika terjadi pada waktu yang tidak lazim, bisa menandakan bahwa APT sedang beroperasi.
  2. Perubahan Tak Biasa dalam Kinerja Sistem : penurunan signifikan dalam kinerja sistem atau perubahan tak terduga dalam respons aplikasi.
  3. Log Keamanan yang Mencurigakan : pemeriksaan log keamanan untuk aktivitas yang tidak sesuai atau mencurigakan, berupa upaya login yang gagal berulang kali.
  4. Kendala dalam Mendeteksi Perangkat Lunak Keamanan : perangkat lunak sulit mendeteksi atau menghapus ancaman.
  5. Peningkatan dalam Kejadian Phising : Meningkatnya insiden phising yang menargetkan karyawan atau entitas tertentu.
  6. Kesulitan Menemukan Asal Serangan : sulit untuk mengidentifikasi asal usul serangan.
  7. Aktivitas Pengintaian atau Pencurian Informasi : Tanda-tanda informasi sensitif telah bocor atau dicuri dapat menunjukkan terjadinya serangan APT.
  8. Pola Serangan yang Berlanjut : serangkaian serangan kompleks terus menerus berlanjut tanpa ada solusi efektif 

Cara Mencegah Advanced Persistent Threat (APT)

  1. Selalu mengawasi sistem dan aktivitas, ini dapat dilakukan dengan memasang perangkat lunak. Seperti SIEM (Security Information and Event Management), IDS (Intrusion Detection System), dan IPS (Intrusion Prevention System).
  2. Peningkatan sistem keamanan secara berkala dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan firewall, otentikasi dua faktor, penggunaan VPN, dan langkah-langkah lainnya.
  3. Meningkatkan kesadaran dan pelatihan karyawan akan ancaman cyber, lakukan pelatihan rutin dan simulasi untuk menghadapi serangan cyber
  4. Kurangi akses untuk data sensitif, APT dapat menggunakan akun karyawan atau pengguna untuk meretas masuk. Dengan mengurangi akses dapat dampak serangan.
  5. Pemulihan file otomatis untuk mempertahankan produktivitas, berarti memulihkan data dan struktur folder yang hilang atau terhapus akibat serangan siber, sehingga operasional bisnis dapat terus berjalan tanpa gangguan signifikan. Ini memastikan bahwa pekerjaan dapat dilanjutkan dengan cepat dan efisien setelah insiden keamanan.

Kesimpulan

Advanced Persistent Threat (APT) adalah jenis serangan siber canggih yang menargetkan organisasi besar dengan tujuan mencuri data sensitif. Serangan ini berlangsung lama dan terencana, dan pelakunya memiliki sumber daya dan kemampuan teknis yang tinggi. Keamanan sistem adalah prioritas utama dalam melindungi data perusahaan. Untuk mencapai tingkat keamanan yang optimal, Widya Security hadir sebagai solusi andal. Dengan tim ahli bersertifikasi dan pengalaman dalam mengamankan lebih dari 100 perusahaan, Widya Security siap memberikan layanan keamanan yang maksimal yang akan menjamin keamanan data anda. 

Artikel Terbaru

Whatsapp