Skip to content

Inilah 6 Cara Tetap Aman Menggunakan VPN!

vpn

Perkembangan teknologi telah membawa kemudahan bagi semua orang dalam mengakses informasi melalui internet. Saat ini, dengan hanya menggunakan perangkat pintar seperti smartphone atau komputer, orang dapat dengan cepat dan mudah mengakses berbagai sumber informasi dari seluruh penjuru dunia. Dengan akses yang luas dan cepat ini, individu dapat terus mengembangkan pengetahuan mereka, mengikuti perkembangan terbaru, dan terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia tanpa adanya batasan.

Namun, dalam mengakses informasi, masih terdapat beberapa batasan atau kendala terkait dengan privasi dari pemilik informasi tersebut. Terutama ketika mengakses informasi dari lintas negara, seringkali diperlukan perantara khusus seperti Virtual Private Network (VPN) untuk mengatasi batasan-batasan tersebut. Dengan menggunakan VPN, semua orang dapat bebas mengakses informasi dari berbagai sumber bahkan di tengah kendala-kendala yang ada.

Pada tahun 2021 terdapat lebih dari 21 juta pengguna tiga aplikasi VPN tersebut yang sudah dijual di situs dark web. Tiga aplikasi VPN yang mengalami kebocoran data antara lain SuperVPN, Gecko VPN, dan Chat VPN. Data pengguna yang bocor adalah  alamat email, nama pengguna, nama lengkap, asal negara, kata sandi, data pembayaran, hingga status anggota premium dan tanggal kadaluarsa..

Apa Itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) merupakan perangkat lunak yang memungkinkan para penggunanya dapat tersambung ke layanan internet secara pribadi secara privat. Dengan menggunakan VPN, data yang dikirim dan diterima antara perangkat pengguna dan server dienkripsi, sehingga melindungi informasi pribadi dan sensitif dari penyerang atau serangan siber. VPN juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan lokasi fisik mereka dan mengakses konten yang mungkin dibatasi secara geografis.

Catat! Inilah Cara Aman Dalam Menggunakan VPN 

Menggunakan VPN memiliki banyak manfaat, akan tetapi dalam menggunakan VPN pengguna harus memperhatikan beberapa cara yang tepat agar tetap terhubung secara aman. Berikut cara aman dalam menggunakan VPN:

Pilih VPN yang Aman dan Terpercaya

Saat memilih VPN, pastikan untuk memperhatikan reputasi penyedia VPN, kebijakan privasi mereka, enkripsi yang digunakan, serta kecepatan dan stabilitas koneksi yang dapat diketahui melalui review pemakai. Dengan memilih VPN yang aman dan terpercaya, Anda dapat memastikan bahwa informasi pribadi dan aktivitas online Anda tetap terlindungi dari ancaman siber. 

Gunakan VPN Untuk Aktivitas Penting

Gunakan VPN untuk aktivitas penting sangat dianjurkan untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat melakukan kegiatan online yang sensitif, seperti mengakses rekening bank, melakukan pembelian online, atau mengirim informasi pribadi. Dengan demikian, menggunakan VPN untuk aktivitas penting dapat  membantu mengurangi risiko pencurian data pribadi, peretasan, atau pengintaian online yang dapat mengancam keamanan individu.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Menggunakan VPN 

Sebelum menggunakan layanan VPN, penting untuk memahami dan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan ini mencakup berbagai hal, seperti kebijakan privasi, pembatasan penggunaan layanan, dan tanggung jawab pengguna. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan, pengguna dapat mengetahui hak dan kewajiban mereka dalam menggunakan VPN, serta memahami batasan-batasan yang ada.

Hindari Menggunakan VPN Gratis

Hindari Menggunakan VPN Gratis karena seringkali layanan ini memiliki keterbatasan yang dapat membahayakan keamanan dan privasi individu. VPN gratis cenderung mengumpulkan dan menjual data pengguna untuk mendapatkan keuntungan, mengurangi tingkat keamanan dan privasi yang seharusnya diberikan oleh penyedia layanan VPN. Dengan demikian, investasi dalam layanan VPN berbayar dapat memberikan perlindungan yang lebih efektif dan lebih baik bagi keamanan serta privasi data secara keseluruhan.

Gunakan VPN Saat Tersambung di Jaringan Publik

Dalam jaringan publik, informasi pribadi Anda rentan terhadap serangan siber karena dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengaktifkan VPN, semua data yang dikirim dan diterima akan dienkripsi, sehingga akan melindungi informasi pribadi yang ada dari hacker.  Langkah ini dapat membantu mencegah pencurian data, penyadapan, atau serangan siber lainnya yang mungkin terjadi saat menggunakan jaringan publik. 

Rutin Melakukan Pentest

Dalam menggunakan VPN, kita perlu membentengi keamanan jaringan dengan melakukan pentest secara rutin. Pentest merupakan metode untuk menguji dan mengevaluasi kerentanan keamanan sistem, maupun jaringan. VPN disini menjadi alat untuk membantu melindungi privasi dan data penggunanya. Akan tetapi, menggunakan VPN dengan cara yang salah dapat menyebabkan terbukanya celah keamanan jaringan, sehingga penyerang mudah untuk mengeksploitasi-nya. Oleh karena itu, dengan melakukan pentest secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa VPN Anda akan tetap aman dan data Anda akan terlindungi dengan baik. 

Percayakan Keamanan Data Anda pada Kita!

Berdasarkan uraian diatas Widya Security sebagai perusahaan VAPT di Jogja menyadari urgensi tersebut. Widya Security menyediakan layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) berbasis AI. Widya Security dapat meningkatkan keamanan dengan penetration testing berbasis aplikasi mobile, website, server, dan wifi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kunjungi laman  widyasecurity.com untuk dapatkan informasi secara lengkap.

Whatsapp